Mohon tunggu...
Intan Rahayu Widyaning Tyas
Intan Rahayu Widyaning Tyas Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Formatif: Model Evaluasi Pembelajaran

7 Januari 2023   13:54 Diperbarui: 7 Januari 2023   13:58 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penulis : Intan Rahayu Widyaning Tyas, mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UNISSULA.

Evaluasi merupakan kegiatan mengumpulkan, menganalisis, dan menilai proses hasil belajar peserta didik. Evaliasi perlu dilakukan dalam pendidikan, karena dengan adanya evaluasi pendidik dapat mengetahui sampai mana pemahaman peserta didik dalam penguasaan materi. Evaluasi juga dapat memudahkan pendidik untuk melihat dan mengetahui tingkat kemajuan dan dan kesesuaian antara hasil belajar dan standar kompetensi yang ditetapkan.

Evaluasi yang dapat diterapkan pendidik untuk mengetahui kemampuan hasil belajar peserta didik adalah evaluasi formatif. Selain untuk mengetahui kemajuan peserta didik, evaluasi ini juga berguna untuk mengetahui kelemahan dan kesalahan dalam pembelajaran, sehingga pendidik dapat memperbaiki, mengubah, dan meningkatkan proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif.

Manfaat dari evaluasi ini dapat dirasakan oleh pendidik dan peserta didik. Melalui evaluasi ini pendidik dapat menyimpulkan sampai mana pemahaman peserta didik terhadap materi, sehingga pendidik dapat menentukan apakah proses pembelajaran perlu diulang atau tidak. Sedangkan untuk peserta didik, mereka dapat mengetahui materi-materi mana saja yang sudah dikuasai dan yang belum dikuasai, sehingga peserta didik tahu materi mana saja yang harus dipelajari kembali.

Evaluasi formatif dapat berhasil tergantung bagaimana pendidik melaksanakan pembelajaran. Untuk meningkatkan pembelajaran melalui evaluasi formatif ada beberapa upaya yang dapat diterapkan pendidik, yaitu :

  • Berusaha melakukan timbal balik yang dengan peserta didik
  • Menyusun strategi pembelajaran yang memudahkan siswa mendapatkan nilai evaluasi yang baik ketika dilaksanakan evaluasi
  • Mempertimbangkan dan memotivasi peserta didik untuk menilai dan memahami bagaimana meningkatkan hasil belajarnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun