Pada tanggal 6-9 Mei 2018 bertempat di salah satu hotel kawasan Melawai, Jakarta-Selatan ,  sebanyak 110 orang yang terdiri atas kepala sekolah dan guru se-Indonesia telah mengikuti proses seleksi bersama penerimaan kepala dan guru sekolah di luar negeri  tahun anggaran 2018.
Pada tahap ini terdapat 116 peserta yang telah memenuhi pesyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi lanjutan. Dari Jumlah tersebut, kemudian akan dipilih 29 guru dan 4 kepala sekolah. Mereka akan ditempatkan di berbagai negara diantaranya; SILN Kuala Lumpur, SILN Johor Bahru, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sekolah Indonesia Bangkok, Sekolah Indonesia Davao City, Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jedah, Sekolah Indonesia Kairo, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, dan Sekolah Indonesia Singapura.
Formasi yang dibutuhkan pada tahun anggaran 2018 adalah : Kepala Sekolah 4 orang, Guru Bahasa Indonesia 2 orang, Guru Bahasa Inggris 1 orang, Guru Bimbingan Konseling 2 orang, Guru Kelas 5 orang, Guru TK/PAUD 2 orang, Guru IPA Fisika 2 orang, Guru IPA Biologi 1 orang, Guru IPA Kimia 1 orang, Guru IPS 1 orang, Guru Matematika 2 orang, Guru Pendidikan Agama Islam 1 orang, Guru Pendidikan Agama Kristen 1 orang, Guru Penjaskes 2 orang, Guru Seni Budaya/Seni Musik 4 orang, Guru SMK Perhotelan 1 orang, dan Guru SMK Tata Boga 1 orang.
Hari pertama seleksi diawali dengan pembukaan yang  secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kemendikbud, Ir. Suharti, M.A, Ph. D. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa menjadi guru SILN itu tidak mudah. Karena selain menjadi seorang pendidik, para guru juga diminta menjadi duta Indonesia yang tugasnya membantu KBRI dalam mempromosikan budaya Indoensia. Selalu siap dengan semua tantangannya., berinterkasi dengan guru guru di negara setempat, dan juga mendapatkan pengalaman yang berarti atau best practice.
Selanjutnya para calon guru tersebut harus menjalani serangkaian tes, diantaranya:  Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI),  Tes Kemampuan Bahasa Inggris,  Psikotes,  Wawancara, dan Microteaching. Sedangkan tes untuk calon Kepala SILN adalah Tes  UKBI, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Psikotes, Presentasi , Wawancara, dan  Leaderless Group Discussion (LGD).
Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bertujuan untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur Bahasa Indonesia atau asing. Pada tes ini, para peserta mengikuti beberapa tahapan. Tahap pertama, yaitu mendengarkan. Tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami informasi yang diungkapkan secara lisan, baik dalam bentuk dialog maupun monolog. Tahap ini terdiri atas 40 butir soal plihan ganda dengan alokasi waktu 25 menit. Tahap kedua, yaitu merespon kaidah.Â
Tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam merespon penggunaan kaidah bahasa Indonesia denga formal, yaitu ejaan, bentuk pilihan kata dan kalimat. Tahap ini terdiri atas 2 butir soal piihan ganda dengan waktu 20 menit. Tahap ketiga, yaitu membaca. Tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami isi bacaan secara tertulis. Tahap ini terdiri atas 40 butir soal pilihan ganda dengan alokasi waku 45 menit. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
PERSYARATAN ADMINISTRASI
Pada laman mutasi.sdm.kemdikbud.go.id tercantum persyaratan umum dan persyaatan khusus yang harus dimiliki oleh calon guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri tahun angaran 2018. Persyaratan umumnya adalah: Warga Negara Indonesia, Usia maksimal saat mendaftar adalah 40 tahun, sehat jasman/rohani dan bebas NARKOBA, berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara, dan diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
Sedangkan persyaratan khususnya adalah: berstatus sebagai Guru bukan Pegawai Negeri Sipil, berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75, dutamakan telah mengikuti Uji Kompetensi Guru, memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0, untk calon Guru Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah,Â
Sekolah Indonesia Kairo  diutamakan memliki kemampuan tambahan Bahasa Arab. Selain itu calon guru juga diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti : Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan, dan lain-lain.                                                                                         Â