Mohon tunggu...
Innovesia
Innovesia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Consulting Agency

An innovation-investment partner for people who are passionately investing in innovation

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Mudah Kerja Efektif dan Efisien di Rumah Aja

13 Mei 2020   17:15 Diperbarui: 13 Mei 2020   17:14 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Innovesia

Bekerja dari rumah menjadi semakin populer seiring dengan arahan dari pemerintah untuk melakukan physical distancing. Bekerja di dari rumah, atau Work from Home (WFH)  memang menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang kini mencapai lebih dari 14.000 kasus positif di Indonesia.

Di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan telah memperpanjang periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 22 Mei 2020. Tentu saja saat ini masyarakat harus memperhatikan kesehatan keluarga, teman, dan diri sendiri. Oleh sebab itu, sebagian besar perusahaan telah meluncurkan peraturan untuk bekerja dari rumah. Tetapi, tidak semua orang terbiasa untuk melakukan pekerjaannya dari rumah, masih banyak yang terkendala dalam menerapkan Work from Home (WFH) secara efektif dan efisien.

Kalau kerja dari rumah dilakukan dengan efektif dan efisien, tentu Anda juga bisa berinovasi lho! Nah, Inilah hal-hal yang perlu Anda lakukan agar tetap efektif dan efisien selama bekerja dari rumah:

Lokasi yang tepat

Atur meja dan kursi serta tempat, sesuaikan sedemikian rupa agar Anda bisa duduk dan bekerja dengan tenang. Menyiapkan ruang kerja secara baik dapat membantu Anda bekerja secara efektif. Ciptakan lingkungan yang membuat anda bisa fokus dengan mudah. Tutup pintu ruang kerja, dan persiapkan semua hal yang Anda butuhkan, termasuk air atau kopi.

Atur jam kerja

Mengatur jam kerja reguler membuat Anda bertanggung jawab pada diri sendiri dan atasan Anda. Ini akan membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan Anda secara tepat waktu.

Siapkan prioritas kerja

Sebelum Anda mulai bekerja, tetapkan prioritas, berapa lama Anda dapat menyelesaikan sesuatu, dan apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki waktu ekstra.

Take a break

Beristirahatlah secara teratur dengan berjalan dan melakukan peregangan agar tubuh dan pikiran tetap fokus dan segar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun