Mohon tunggu...
Innes AisyahKarimah
Innes AisyahKarimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pekalongan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kontribusi Mahasiswa FEB Universitas Pekalongan dalam Pengembangan UMKM Go Digital : Menggapai Perkembangan Penjualan di Era Digital

10 Januari 2025   14:01 Diperbarui: 10 Januari 2025   19:11 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Pekalongan (Unikal).
Memberikan pelatihan pendampingan Digitalisasi Marketing kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Celana Sport Milik Bapak Slamet Raharjo. Didesa Kebojongan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jumat (20/12/2024).

Mereka terdiri dari 5 Mahasiswa Semester 3 Program Studi  (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pekalongan (Unikal) yakni Denny Septiawan , Pingkan Afah Ashara, Innes Aisyah Karimah, Gizka Jihan Nafisah, Naila Salsabila.

Di era modern ini, digitalisasi telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, namun banyak diantara para pelaku UMKM yang belum efektif dalam pemanfaatan teknologi digital. Penjualan secara digital sangat berdampak besar bagi peningkatan pendapatan suatu pelaku UMKM.

Dengan banyaknya para pelaku UMKM yang belum efektif dalam memanfaatkan teknologi digital, kami Mahasiswa FEB Unikal memanfaatkan momen tersebut sebagai sarana untuk dapat menjadi agen perubahan dan inovasi dalam membantu UMKM untuk beradaptasi dan berkembang dalam bidang penjualan dan pemasaran produk di era digital ini. Tanpa disadari mahasiswa juga memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan digitalisasi pada UMKM sangatlah penting. Dengan pengetahuan, keterampilan, dan semangat inovasi yang mereka miliki, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang membantu UMKM beradaptasi dan berkembang di era digital. Melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi, mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia. Secara keseluruhan, peran mahasiswa dalam peningkatan digitalisasi pada UMKM sangatlah krusial.

Dengan pengetahuan, keterampilan, dan semangat inovasi yang mereka miliki, mahasiswa dapat membantu UMKM beradaptasi dengan perubahan yang sangat pesat mengenai teknologi digital serta berharap dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk berkembang. Melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi, mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia. Dengan demikian, sinergi antara mahasiswa dan UMKM tidak hanya membawa manfaat bagi kedua belah pihak, tetapi juga bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Pendampingan ini dilakukan dengan mengunjungi rumah Bapak Slamet Raharjo pemilik usaha Celana Sport yang ada di Desa Kebojongan, Comal. Sebelum mahasiswa ini melaksanakan kegiatan pendampingan, mereka terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap masalah yang dihadapi dalam bisnis yang dijalankan. Dengan menempatkan inovasi pada kebutuhan konsumen dan membantu UMKM dalam membangun serta mengelola toko online yang sesuai dengan selera pelanggan, hal ini dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan meningkatkan daya saing usaha. Mereka menemukan beberapa tantangan saat melakukan pendampingan kepada UMKM, dan mereka berhasil menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut.

Kami Mahasiswa FEB Unikal juga sekaligus menjadi fasilitator dalam memberikan edukasi mengenai penggunaan teknologi digital secara maksimal agar dapat mencapai keefektifan pemanfaatan. Kami melakukan pembaruan (upgrade) pada kemasan (packaging) UMKM ini agar lebih menarik minat konsumen untuk memberi keputusan pembeliannya. Selain itu kami juga memberikan arahan serta membantu dalam pembuatan akun sosial media seperti, Email, Facebook, Instagram, Shopee, dan Tiktok. Akun sosial media ini bertujuan sebagai sarana promosi serta akses dalam memasuki pasar penjualan secara lebih luas melalui pasar digital. Dengan pengetahuan yang kami miliki, sehingga kami dapat membantu pemiliki UMKM ini dalam memahami serta mengimplementasikan teknologi digital ini dalam kegiatan operasional usaha mereka sehari-hari.

Kami juga memberikan pengajaran mengenai penyusunan strategi pemasaran digital agar lebih menarik minat konsumen, serta dapat bersaing di pasar online. Penyusunan strategi pemasaran produk yang sesuai dan efektif dapat memberikan pengaruh besar dalam suatu UMKM, mereka dapat meningkatkan serta meningkatkan citra produk (brand awareness) secara baik, menarik lebih banyak pelanggan, serta meningkatkan penjualan mereka. Kami juga mengajarkan UMKM ini untuk melakukan penelitian dan analisis pasar untuk dapat memahami tren dan kebutuhan konsumen yang sedang diinginkan di pasar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun