Mohon tunggu...
Inna Shabrina Faza
Inna Shabrina Faza Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Inna Shabrina Faza, lahir di Blitar Jawa Timur pada 30 Januari 2005. Saat ini ia tengah menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, ia juga tengah menekuni bidang kepenulisan seperti novel, puisi, cerpen, dan sejenisnya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfataan Media E-book Dongeng dalam Memantik Semangat Membaca Siswa Tingkat Sekolah Dasar

17 Juni 2024   11:38 Diperbarui: 17 Juni 2024   11:54 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Observasi di SDN 2 Ngijo Kabupaten Malang/dokpri

Keterampilan yang perlu di miliki seorang peserta didik dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran beraneka ragam, salah satunya yaitu keterampilan membaca. Hal ini dianggap menjadi salah satu kunci utama dalam keberhasilan pembelajaran siswa, karena dengan membaca maka siswa akan memahami materi yang telah diberikan dalam bentuk tulisan cetak maupun digital. 

Permasalahan kesulitan membaca pada siswa di Tingkat sekolah dasar terutama kelas 3 SD masih tergolong cukup tinggi, karena pada dasarnya di pembelajaran level kelas 3 seharusnya siswa sudah dapat memahami bahan bacaan. Namun, dalam hal tersebut masih ada siswa yang belum bisa membaca dengan baik apalagi memahami sebuah bahan bacaan.

Buku dongeng memiliki daya tarik yang cukup besar bagi peserta didik terutama di tingkat Sekolah Dasar karena memuat visual dari cerita dengan warna-warna yang menarik di dalamnya serta banyaknya jenis dari cerita dongeng seperti fabel, legenda, cerita rakyat, mite, dsb, hal tersebut tentu akan lebih diminati oleh anak-anak. 

Selain itu, bantuan dari pemaparan visual di dalamnya akan memantik semangat siswa dalam membaca dan membantu siswa dalam memahami sebuah bahan bacaan melalui media gambar. 

Cerita yang ringan dan penuh imajinasi dalam buku dongeng juga dapat memantik kreativitas siswa dalam berpikir kritis hingga dapat menceritakan kembali apa yang telah mereka tangkap dari buku bacaan tersebut. 

Dalam permasalahan membaca siswa tingkat Sekolah Dasar ini memerlukan perhatian khusus terutama dari pendidik. Pemanfaatan media buku dongeng dapat membantu dalam mengatasi permasalahan kesulitan membaca terutama pada siswa kelas 3 di tingkat Sekolah dasar.

Cover e-book dongeng
Cover e-book dongeng

Mahasiswa Pendidikan tentu akan terjun menjadi seorang pendidik, sehingga peran mereka sebagai pendidik di mulai dari saat ini. Di era modern saat ini, teknologi semakin beranjak dan berkembang di kalangan manapun, hal tersebut juga mempengaruhi metode pembelajaran siswa. 

Dulu, siswa dikenalkan dengan metode pemebelajaran ceramah maupun cetak saja, namun saat ini era digitalisasi mulai meluas di dunia Pendidikan. Metode pembelajaran yang semakin beragam dapat memberikan kesempatan bagi para pendidik untuk segera mencari solusi dalam mengatasi permasalahan dalam Pendidikan, salah satunya kesulitan membaca pada siswa tingkat Sekolah Dasar. 

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Brawijaya mengembangkan produk buku dongeng yang awalnya hanya berbentuk media cetak saja, kini buku tersebut dikembangkan menjadi sebuah e-book atau buku digital sehingga semua siswa dapat mengakses dengan mudah buku tersebut di manapun mereka berada dengan pendampingan dari pendidik maupun orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun