Mohon tunggu...
Wayang Wong
Wayang Wong Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Hanya Memberitakan dan Mengulas Ketidakadilan terhadap masyarakat/kaum minoritas.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Identitas

13 Januari 2024   19:50 Diperbarui: 13 Januari 2024   19:51 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas saya terbentuk dari dua aspek yang saling terkait: lingkungan dan komunitas pertemanan di kampus serta di sekitar tempat tinggal. Kedua faktor ini memainkan peran kunci dalam membentuk siapa saya, bagaimana saya melihat dunia, dan bagaimana interaksi dengan orang lain.

 Identitas di Kampus

Di kampus, saya menemukan identitas saya sebagai bagian dari lingkungan akademis yang dinamis. Sebagai mahasiswa, saya terlibat dalam berbagai kegiatan dan organisasi yang mencerminkan minat dan nilai-nilai saya. Kelas-kelas yang saya ambil dan proyek-proyek penelitian membentuk landasan akademis saya, sementara keanggotaan dalam klub atau organisasi mahasiswa menambah dimensi sosial dan keterlibatan saya.

Kampus bukan hanya tempat untuk memperoleh pengetahuan, tetapi juga ajang untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan. Saya belajar bekerja sama dalam tim, memimpin, dan menghargai keberagaman pandangan dan latar belakang di tengah komunitas akademis. Interaksi dengan dosen dan rekan mahasiswa membentuk perspektif saya tentang bidang studi dan memberikan wawasan yang berharga.

 Komunitas Pertemanan di Kampus

Komunitas pertemanan di kampus menjadi salah satu pilar utama identitas saya. Sejak awal, saya mencari teman-teman sebaya yang memiliki minat dan visi yang sejalan. Bersama mereka, saya tidak hanya mengejar kesuksesan akademis, tetapi juga merayakan pencapaian bersama, mendukung satu sama lain dalam tantangan, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Dalam komunitas ini, saya menemukan dukungan emosional dan intelektual yang krusial dalam menjalani perjalanan kuliah. Diskusi-diskusi mendalam, proyek-proyek bersama, dan bahkan sekadar obrolan santai di kantin kampus memberikan warna pada pengalaman kampus saya. Bersama teman-teman ini, saya merasa diterima dan didukung dalam setiap langkah perjalanan saya di dunia akademis.

 Identitas di Sekitar Tempat Tinggal

Selain di kampus, identitas saya juga tercermin dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Saya merupakan bagian dari komunitas lokal yang memiliki dinamika sendiri. Saya terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan yang bertujuan memperbaiki kualitas hidup di sekitar kami. Ini bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan tetangga dan membangun rasa kebersamaan.

Lingkungan tempat tinggal saya menjadi cerminan nilai-nilai yang saya anut. Dalam komunitas ini, saya belajar tentang keanekaragaman budaya, tantangan lokal, dan cara-cara untuk berkontribusi positif. Mengikuti acara-acara lokal, seperti pameran seni atau bazaar, memberikan saya peluang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mungkin tidak saya temui di lingkungan kampus.

 Komunitas Pertemanan di Sekitar Tempat Tinggal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun