Kehadiran transportasi berbasis aplikasi (teknologi IT), seperti Go-Jek, Grab, dan Uber ditentang oleh pengusaha transportasi konvensional atau tradisional melalui aksi-aksi brutal. Rupanya, mereka tidak siap menghadapi kemajuan teklonogi IT yang sangat cepat pada saat mereka dininabobokkan oleh manajemen pengelolaan yang konvensional.
Globalisasi mendorong aktivitas sehingga memerlukan transportasi yang mendukung agar semua berjalan sesuai dengan rencana. Maka, dalam konteks pasar bebas di era globalisasi tidak ada lagi proteksi-proteksian. Semua berjalan sesuai dengan kaidah yang disepakati secara internasional, al. dengan standardisasi.
Untuk mendukung aktivitas warga di era globalisasi al. diperlukan sarana transportasi yang cepat, aman dan nyaman. Dalam kaitan inilah kehadiran berbagai pilihan sarana transportasi dan cara pemesanannya jadi penting.
MRT dan LRT
Berapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Palembang, Bandung dan Surabaya sudah ambil ancang-ancang membangun sarana trasportasi massal (mass rapid transit/MRT) yang cepat, aman dan nyaman.
Jakarta, ketika itu melalui Gubernu Joko Widodo membangun kereta api bawah tanah (Metro) di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman-Keb Baru. Ada pula rencana pembangunan kereta layang ringan (LRT/light rail transit) dari pinggiran kota ke pusat kota Jakarta.
Jika menyimak talk show dan wawancara di media massa dengan pengamat perkotaan selalu muncul pernyataan: “Pertambahan jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan pembangunan ruas jalan.” Ini dimaksudkan oleh para pengamat itu sebagai penyebab kemacetan.
Fakta menunjukkan tidak ada satu pun kota besar di dunia yang bebas kemacetan, tapi di sana ada pilihan angkutan yang bebas macet dengan kondisi aman, nyaman dan cepat yaitu MRT. Di Bangkok, Thailand, misalnya, kemacetan bisa lebih parah dari Jakarta, tapi di sana ada MRT di bawah tanah dan MRT layang di atas permukaan tanah. Kuala Lumpur menyediakan MRT yang membelah kota dari Utara ke Selatan dan dari Barat ke Timur. Jaringan transport di sana saling bersinggungan antar moda.
Persoalan lain yang dihadapi Indonesia, khususnya di Palau Jawa, adalah transportasi antar kota besar, seperti Jakarta ke Bandung, Jakarta ke Cirebon, Jakarta ke Semarang, Jakarta ke Yogyakarta dan Jakarta ke Surabaya.
Angkutan udara, kapal terbang, tersedia melayani kota-kota tsb. dengan durasi waktu tempuh antara 30 menit sampai 90 menit. Persoalannya adalah waktu tempuh ke kota tujuan, ke bandara dan dari bandara ke pusat kota serta waktu tunggu di bandara bisa memakan waktu antara 3-6 jam.