Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

BPJS Kesehatan Pastikan Kualitas Layanan bagi Peserta JKN di RS Murni Teguh

23 Oktober 2024   08:53 Diperbarui: 23 Oktober 2024   09:45 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi BPJS Kesehatan

Bali (29/08/2024) - Kualitas pelayanan bagi peserta JKN terus menjadi perhatian BPJS Kesehatan bagi seluruh fasilitas kesehatan. Sejalan dengan fokus utama yang ditetapkan di tahun 2024, peningkatan kualitas layanan terus didorong kepada seluruh fasilitas kesehatan sehingga peserta JKN bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Per 1 Agustus 2024, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan 23.205 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 3.129 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Tidak hanya itu, untuk menjangkau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), BPJS Kesehatan juga juga memberikan pelayanan bagi masyarakat di Daerah Belum Tersedia Fasilitas Kesehatan Memenuhi Syarat (DBTFMS). Upaya yang telah dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan rumah sakit terapung, yang telah melayani masyarakat di berbagai daerah terpencil.

Khusus di Denpasar, sudah ada 329 FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Begitu juga dengan FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sebanyak 47. Sejalan dengan hal tersebut BPJS Kesehatan telah berupa untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan, salah satunya melalui kegiatan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja hingga mengintegrasikan sistem pelayanan BPJS Kesehatan dengan rumah sakit.

"Demi meningkatkan kualitas pelayanan, BPJS Kesehatan senantiasa mendorong seluruh fasilitas kesehatan utamanya rumah sakit untuk menerapkan transformasi mutu layanan. Kualitas layanan, akses hingga kemudahan pelayanan bagi peserta terus kami tekankan agar peserta bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan nyaman dan mudah. Hal ini juga sudah kami tekankan melalui Janji Layanan JKN," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat mengunjungi RS Murni Teguh Bali, Kamis (29/08).

Ghufron menjelaskan, peserta JKN yang ingin mengakses pelayanan di rumah sakit sudah bisa memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan antrean online. Layanan antrean online yang sudah terintegrasi dalam sistem di rumah sakit dapat memberikan dampak positif bagi peserta maupun rumah sakit.

"Transformasi yang dilakukan oleh RS Murni Teguh ini bisa menjadi langkah awal yang makin baik. Adanya inovasi BPJS Kesehatan yang diintegrasikan dengan sistem rumah sakit harapannya bisa memudahkan peserta JKN mendapatkan akses di sini. Dengan begitu, makin banyak peserta yang puas dengan layanan kesehatan di rumah sakit dan makin banyak pula peserta yang percaya dengan Program JKN," jelas Ghufron.

Kunjungan tersebut juga dimanfaatkan Ghufron untuk melihat komitmen RS Murni Teguh dalam mengintegrasikan inovasi layanan milik BPJS Kesehatan dengan milik rumah sakit, seperti terlihat adanya signage Pusat Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan yang diintegrasikan dengan Pojok Mobile JKN. Menurutnya, dengan adanya pemasangan informasi berupa spanduk di beberapa lokasi rumah sakit bisa membantu peserta mengetahui informasi tentang kemudahan yang bisa dirasakan saat mengakses pelayanan di rumah sakit.

Salah satu peserta JKN yang sedang mengakses pelayanan di RS Murni Teguh, Abdul Gafur mengapresiasi layanan yang ia dapatkan. Ia menyebut, kehadiran signage Pusat Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan sangat membantu dirinya mengetahui lokasi pusat informasi apabila terdapat peserta yang kebingungan dalam mengakses pelayanan.

Ditemui saat sedang berobat atas penyakit saraf yang dialami, peserta yang terdaftar pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) itu mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan mulai dari pusat informasi hingga saat pemeriksaan sangat bagus. Komunikasi yang sangat aktif dan membuat peserta nyaman diapresiasi olehnya sehingga ia puas mengakses pelayanan.

"Awal saya berobat itu di Klinik Tiara Husada, namun karena penyakit yang saya alami tidak kunjung membaik, akhirnya saya dirujuk ke RS Murni Teguh. Alhamdulillah pelayanannya sangat baik, dokternya juga sangat terbuka dan komunikatif," kata Gafur.I

Ia juga mengapresiasi inovasi yang diberikan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, dengan fitur yang diberikan dapat memudahkan peserta untuk mengakses pelayanan. Hanya dengan mengakses smartphone, peserta bisa langsung mendapatkan pelayanan yang cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun