Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Buktikan Layanan Mudah, Cepat dan Setara, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Lakukan Peninjauan

2 Februari 2024   16:17 Diperbarui: 2 Februari 2024   17:33 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi BPJS Kesehatan

Jakarta Selatan  -- Dalam rangka memastikan pemberian pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan mudah, cepat dan setara, Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Iftida Yasar mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jati Padang. Iftida melihat langsung dan mengalami langsung mengurus administrasi kepesertaan, dan mendengarkan masukan dari masyarakat tentang pelaksanaan Program JKN sejauh ini.

"Sedikit lebih spesifik dari kunjungan pengawasan lapangan biasanya, kali ini saya mencoba langsung mekanisme pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan untuk memindahkan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tujuannya tentu untuk membuktikan bahwa sistem yang telah diupayakan untuk mempermudah peserta berjalan secara optimal. Selain memastikan pelayanan di kantor cabang, kami juga akan mengunjungi salah satu rumah sakit daerah sekitar sini," jelas Ifitida Yasar secara lisan, Kamis (01/02).

Pada saat pelaksanaan peninjauan pelayanan kesehatan di RSUD Jati Padang, Iftida Yasar menyasar kepada setiap titik mulai dari loket registrasi, loket informasi, ruang rawat inap dan ruang tunggu farmasi. Dirinya menjelaskan secara keseluruhan pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit sudah berjalan efektif, diihat dari pemanfaatan antrean online yang sudah masif, penyediaan layar informasi tentang ketersediaan tempat tidur juga selalu update dan terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, bahkan respon dari pasien yang ditanyai bernada positif.

"Bisa dinilai implementasi pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna Program JKN di RSUD Jati Padang ini sudah baik, tadi sempat dilihat juga terkait layar informasi ketersediaan tempat tidur terkoneksi dengan Mobile JKN, sehingga peserta sangat terbantu dengan hal tersebut. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit atas komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi peserta, saya yakin jika komitmen baik ini terus dijaga keberlangsungannya, citra positif fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan akan terus meningkat," tambahnya.

Ifitda Yasar juga berharap kedepannya semakin banyak peserta JKN yang terbantu dan merasakan mudahnya akses pelayanan kesehatan, cepatnya proses pengurusan adminitrasi, dan kesetaraan perlakuan ketika harus mendapatkan pelayanan baik di Kantor Cabang BPJS Kesehatan maupun di fasilitas kesehatan. Untuk mendukung tercapainya harapan tersebut, dirinya juga mengajak masyarakat khususnya peserta JKN agar tidak sungkan memberikan saran atau masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang masih bisa dioptimalkan.

Pada kunjungan yang dilakukan hari Kamis tersebut, Direktur RSUD Jati Padang, Siti Ainun Dwiyanti manyambut baik dan mendampingi Ifitida Yasar untuk bersama-sama mengecek proses pemberian layanan kepada peserta JKN. Ainun merasa cukup yakin pemberian pelayanan kesehatan di RSUD Jati Padang sudah baik, karena setiap aktifitas berpegang teguh kepada komitmen janji layanan yang disepakati bersama, disamping itu juga pihaknya juga terbuka atas setiap masukan yang muncul dari kunjungan.

"Kami cukup kaget namun juga senang atas kunjungan Ibu Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ke RSUD Jati Padang, secara bersama-sama kami menyambangi ruang-ruang pelayanan dan melakukan konfirmasi langsung kepada pasien mengenai kesan yang dirasakannya ketika mendapatkan layanan. Hasilnya sesuai dengan harapan ya, sistem antrean online berjalan lancar, informasi ketersediaan tempat tidur juga tersampaikan melalui aplikasi, dan respon pasien juga merasa puas," ucap Ainun.

Direktur RSUD Jati Padang tersebut juga tidak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ibu Ifitda Yasar, karena momen ini menjadi pembangkit semangat bagi pihaknya beserta jajaran untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta JKN. Tidak hanya itu, Ainun juga mengungkapkan bahwa RSUD Jati Padang memiliki moto menjadi rumah sakit pilihan bagi masyarakat dengan pelayanan paripurna, hal ini selaras dengan tujuan dari peningkatan kualitas mutu layanan yang selalu digaungkan. (RK/md)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun