Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rina dan Keluarga Akui Kemudahan Layanan Mobile JKN

11 Februari 2021   09:20 Diperbarui: 11 Februari 2021   09:35 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lhokseumawe,Jamkesnews -- Inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional--Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) seperti pembuatan aplikasi Mobile JKN bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan bagi pesertanya. Kemudahan tersebut seperti yang dirasakan oleh Rina Apriyana (34). Ibu dari dua orang anak asal Aceh ini merasa sangat terbantu dengan fitur Ubah Data Peserta dalam aplikasi tersebut.

Peserta yang terdaftar dalam segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) POLRI ini menuturkan bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga 2021 ini, ia dan keluarganya masih membatasi diri untuk beraktifitas diluar rumah. Maka dari itu Rina pun memilih memanfaatkan layanan tanpa tatap muka, termasuk untuk melakukan pengurusan administrasi Program JKN-KIS seperti perubahan tempat berobat (fasilitas kesehatan) melalui Mobile JKN.

"Saya kemarin itu tanya ke salah satu petugas BPJS tentang prosedur pindah berobat, katanya kami bisa ubah melalui aplikasi Mobile JKN. Alhamdulillah ya, jadi bisa langsung kami ubah pakai handphone, nggak harus datang ke kantor BPJS lagi covid begini. Berobat pun cukup tunjukkan kartu digital yang di aplikasi, dipermudah sekali," tutur Rina kepada tim Jamkesnews pada Kamis (21/1).

Disamping itu, saat ditanyai tentang pengalamannya mendapat pelayanan yang diberikan mitra BPJS Kesehatan, Rina dengan semangat menceritakan bahwa ia dan keluarganya selalu mendapatkan layanan yang memuaskan. "Kami sering pakai (JKN-KIS), seringnya untuk berobat anak. Dulu pernah operasi amandel anak pertama saya, cabut gigi si adik juga pernah. Semuanya gratis dan layanannya juga bagus, tidak beda dengan pasien berbayar," kata Rina mengungkapkan pengalaman baiknya.

Tak hanya dirinya, Rina mengaku bahwa seluruh keluarganya yang lain juga merasakan manfaat JKN-KIS yang sama baiknya. "Hampir semua keluarga saya punya (JKN-KIS), sangat-sangat membantu untuk biaya pengobatan karena tidak harus menyediakan dana yang besar lagi kalau tiba-tiba perlu berobat, pelayanannya juga tidak beda," jelasnya.

Rina pun kembali mengapresiasi inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. "Kalau memang sangat mudah, nggak ada alasan untuk kita tidak pakai (Mobile JKN) kan, gratis dan sangat membantu kita apalagi untuk masa covid seperti ini," tutup Rina.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun