Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Baru, Fitur Autodebit Kini Hadir di Aplikasi Mobile JKN!

12 Juni 2019   08:53 Diperbarui: 12 Juni 2019   08:57 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pekanbaru,  Nyatanya, memang ada beberapa calon peserta yang tidak memiliki rekening dari salah satu Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Dwi Rizqa Anastasia membenarkan adanya fitur baru pada aplikasi yang dikenal dengan nama Mobile JKN ini.

"Ya, ada fitur baru pada aplikasi Mobile JKN. Namanya fitur Pendaftaran Autodebit. Karena sebelumnya Saya melihat, peserta sampai menunda pendaftaran hanya karena tidak memiliki rekening salah satu dari bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dengan fitur ini, kendala tersebut dapat teratasi," terang Iis, begitu ia biasa dipanggil.

Untuk mengakses fitur Pendaftaran Autodebit ini sangat mudah. Setelah calon peserta atau peserta melakukan login pada aplikasi Mobil JKN, klik di bagian Tagihan lalu klik fitur Pendaftaran Autodebit sudah tersedia. Kemudian silakan pilih Autodebitnya. Lebih lanjut pilih Non Bank-Fintech untuk pendaftaran autodebit bukan bank dan silakan registrasi dan ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk. Jangan lupa klik "Tambah" untuk menambahkan peserta yang akan di-autodebit-kan. Untuk top-up nya sendiri dapat dilakukan melalui PT Pos Indonesia dan Alfamart.

Supervisor Kader JKN Cabang Pekanbaru, Doni Martin, sudah mencoba dan bahkan melakukan pemberian informasi langsung (PIL) kepada peserta. Bagi Doni hal ini bisa meminimalisir calon peserta yang menunda mendaftar hanya karena tidak punya rekening dari salah satu Bank yang sudah bekerja sama.

"Kasian gara-gara ini ditunda daftarnya. Sementara sakit bisa datang kapan saja. Menurut Saya, layanan autodebit ini memudahkan karena peserta dapat melakukan pembayaran iuran melalui proses autodebit sesuai dengan sumber rekening yang dipilih. Selain itu bagi peserta eksisting, tentunya hal ini dapat menghindarkan dari kepesertaan yang non aktif," terang Doni kepada Tim Jamkesnews.

Jadi, tunggu apa lagi? Kini semua makin mudah dan semua ada dalam genggaman dengan Mobile JKN. (aw/dp

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun