Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rujukan Online Lancar dan Bagus Bagi Peserta JKN-KIS

26 September 2018   09:53 Diperbarui: 26 September 2018   10:15 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dumai (26/09/2018) - Syamha Laela Siregar (49), merupakan Istri dari Toto Harahap (45) seorang Peserta JKN-KIS dari sektor Pekerja Penerima Upah di sebuah badan usaha yang ada di Kota Dumai. Selama menjadi peserta JKN-KIS hanya anaknya Amanda (17) yang pernah menggunakan layanan rawat inap dikarenakan penyakit usus buntu yang dideritanya, tepatnya pada bulan Februari 2018. Akibat penyakit usus buntunya, hingga kini Amanda masih melakukan kontrol ulang ke RSUD Dumai.

 "Pada saat itu bulan Pebruari, Amanda dirujuk dari Puskesmas Bukit Kapur ke RSUD Dumai karena usus buntu. Waktu itu rujukan masih menggunakan metode manual dan alhamdulillah berjalan lancar, baik dalam administrasi maupun pelayanan kesehatan yang kami terima." terang Laela.

 Pada era digital ini BPJS Kesehatan telah menerapkan metode baru dalam melakukan rujukan Peserta JKN-KIS dari FKTP ke FKRTL atau rumah sakit, yaitu rujukan online. Rujukan online telah dilaksanakan ujicoba sejak 15 Agustus 2018 dan berjalan hingga kini dengan tujuan mempermudah administrasi pelayanan bagi Peserta JKN-KIS maupun bagi fasilitas kesehatan.

 "Saya tidak menyangka ternyata sekarang sudah dilaksanakan rujukan online untuk Peserta JKN-KIS. Dari awal (rujukan manual) kami memakai JKN-KIS ini tidak ada kendala dalam proses rujukan, semuanya lancar. Hingga kini berlaku rujukan online pun kami masih merasakan hal yang sama, bahkan kini administrasi malah semakin mudah dan pelayanan yang bagus, antrian berkurang, kepastian rujukan juga menjadi lebih terjamin sesuai kompetensi dokter di rumah sakit yang dirujuk dan sesuai dengan diagnosa pasien. Peserta tidak perlu bolak balik lagi karena sudah ada kepastian dokter di rumah sakit rujukan. Ini merupakan inovasi yang bagus yang dilakukan BPJS Kesehatan dan tentunya akan memudahkan peserta karena rujukan online nantinya juga akan memudahkan koordinasi Puskesmas dengan rumah sakit." terang Laela. (aw/ir)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun