Setelah lulus kuliah atau lulus SLTA sebagian orang disubukkan untuk mendaftar pekerjaan baik di kantor pemerintah maupun di perusahaan swasta.
Ada diantara mereka yang memilih untuk membuka usaha sendiri, tetapi perihal itu juga membutuhkan modal dan keahlian atau skill.
Tanpa keahlian yang lumayan sanggup menjadi modal yang hendak dikeluarkan habis di jalan jalan} tanpa hasil yang seperti bersama yang diinginkan.
Oleh karena  cuma lulusan S1, D3 ataupun SLTA yang memilih berwirausaha sendiri.
Bagi yangmenghendaki bekerja di kantor pemerintah atai perusahaan swasta bisa dibilang tidak mudah seperti yang dibayangkan, tidak sebandingnya tenaga kerja beserta lowongan pekerjaan yang ada agar membuat kompetisi di dalam mendapatkan pekerjaan menjadi tidak sehat.
Sebagaimana tulisan kita pada awalnya bahwa tidak sedikit orang yang senang mengeluarkan duwit sogokan supaya demi lamaran pekerjaannya bisa diterima, misalnya yang terjadi seperti ini maka kompetisi di dalam meraih pekerjaan telah tidak sehat lagi.
Namun jangan mudah patah semangat, tidak semua rekrutmen pegawai dikerjakan dengan proses sogok. Banyak juga penerimaan pegawai yang dikerjakan menggunakan sportif dan transparant.
Namun kompetisi di dalam perihal ini pun lumayan berat, banyak keringat terampil dan segar yang menjadi saingan kita.
Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang sanggup mempermudah Anda di dalam sistem melamar pekerjaan, setidaknya Anda telah serta punya kelengkapan pendukung mendaftar kerja standar yang mesti dipenuhi.
Pada kesempatan ini akan di sajikan syarat dan kelengkapan dokumen apa saja yang mesti di penuhi seorang pelamar kerja.
1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)