Mohon tunggu...
inesthesia
inesthesia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hi! aku inesthesia biasa dipanggil ines. Hobiku menulis membaca dan mendengarkan music.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Homanisasi

3 Desember 2022   17:30 Diperbarui: 3 Desember 2022   17:46 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Geladi dimulai dengan acara pra - geladi yaitu kegiatan dimana mahasiswa diberikan tugas berupa menonton dan mendengarkan lagu "Indonesia Raya" tiga stanza lalu menuliskan makna yang paling mengesankan bagi saya. Lalu di nomor selanjutnya mahasisiwa diminta untuk menonton sebuah film lalu diwajibkan menjawab beberapa pertanyaan. setelah itu kami akan mendapatkan link zoom untuk melakukan geladi. Dari tugas pra - geladi saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai lagu Indonesia Raya dan film pendek mengenai hutan yang ada diwilayah Indonesia. 

Lalu dihari Minggu, tepatnya hari H melaksanakan geladi, kami diminta untuk masuk ke break out room dimana dalam break out room tersebut berisi teman teman sekelompok yang sudah di tentukan oleh panitia. Disana kami menentukan ketua kelompok dan notulen atau semacam seketaris. Lalu kami diberikan sedikit materi. Lalu setelah diberikan materi kami dikembalikan ke break out room untuk berdiskusi mengenai hal yang sudah ditentukan panitia. Kelompok kami mendapatkan tema "Hari Anak Sedunia" namun kelompok kami mengerucutkan ke "Hari Anak Nasional".

2. refleksi yang saya dapatkan yaitu : manusia yang saya temui sangat beragam. Berbagai pemikiran dan sifat dapat saya lihat selama geladi berlangsung. Walaupun begitu, hal yang paling saya dapatkan yaitu belajar untuk saling bekerja sama dan menerima pendapat orang lain dengan lapang dada.

3. Dalam berwarganegara perlu logika dan bahasa karena manusia yang ada di Indonesia sangat beragam. Jika logika tidak digunakan akan sering terjadi kesalahpahaman dan dan ketidaknyamanan diantara manusia. Menggunakan bahasa karena bahasa Indonesia sangat beragam satu satu nya bahasa yang dapat dimengerti bangsa ini adalah bahasa Indonesia.

4. manfaat yang saya dapatkan yaitu saya dapat mengerti sudut pandang orang lain terhadap suatu masalah dan mendapat teman baru

5. kemampuan yang secara singkat saya pelajari adalah cara mempresentasikan dengan baik dan benar. cara berbicara yang baik di depan publik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun