Berbekal dedikasi dan inovasi, Indomaret mengukuhkan statusnya sebagai perusahaan waralaba minimarket pertama dan terbesar di Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat dicapai dengan manajemen yang baik yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut. Adapun bentuk-bentuk manajemennya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Sistem Informasi Manajemen Strategik, Manajemen Sistem Pengendalian dan Manajemen Audit.
Pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja.
Visi dan Misi PT. Indomarco Prismatama
Dalam proses pendirian dan pengembangannya, Indomaret menetapkan hal-hal sebagai berikut:
Visi
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
Moto
Mudah & Hemat
Budaya
Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan, kerja sama kelompok, kemajuan melalui inovasi yang ekonomis serta mengutamakan kepuasan konsumen.
Esensi
Pendekatan dengan senyuman yang tulus, untuk membangun hidup lebih baik.
Proses Manajemen SDM Â PT. Indomarco Prismatama
Dalam pelaksanaannya untuk memperoleh SDM yang baik, PT. Indomarco Prismatama melakukan seleksi terhadap calon karyawan, setelah lulus seleksi selanjutnya calon karyawan akan melakukan tes lanjutan yaitu psikotest, matematika dan interview. Apabila calon karyawan sudah diterima, maka calon karyawan akan menjalani training selama kurang lebih dua minggu yang dilaksanakan di DC. Apabila laporan trainingnya memiliki hasil yang baik, maka calon karyawan tersebut akan naik tingkat menjadi karyawan.
Proses Manajemen Pemasaran PT. Indomarco Prismatama
PT. Indomarco Prismatama atau yang lebih familiar dikenal sebagai Indomaret sudah tersebar luas diberbagai wilayah di Indonesia, terlebih di pulau Jawa. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Indomaret yaitu dengan menempatkan gerai di daerah pemukiman, sekolah, kantor, SPBU, stasiun dan dijalan yang sering di lalui kendaraan.
Proses Manajemen Operasional PT. Indomarco Prismatama
Dalam operasional toko, Kepala Toko memiliki peranan penting dalam menjalankan dan mengkoordinir semua kegiatan operasional. Indomaret ini memiliki jam operasional mulai dari jam 07.00 -- 22.00 WIB.
Proses Manajemen Sistem Informasi Strategik PT. Indomarco Prismatama
PT. Indomarco Prismatama atau Indomaret menggunakan growth strategy dengan meningkatkan kualitas dari produk melalui sistem informasi. Sistem Teknologi Informasi di setiap Point Of Sales (POS) outlet Indomaret mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang.
Proses Manajemen Sistem Pengendalian PT. Indomarco Prismatama
Dalam PT Indomarco Prismatama semua departement saling berkesinambungan satu sama lain tidak dapat dipisahakan, Apabila salah satu departement mengalami kendala dampaknya akan sangat berpengaruh pada semua departemen jadi semua departemen harus berjalan selaras sesuai dengan budaya perusahaan.