Game Bamboozle merupakan sebuah platform online yang memungkinkan pengguna terutama guru dan siswa untuk membuat dan juga memainkan kuis edukatif interaktif. Bamboozle ini dirancang untuk menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat dalam membantu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Fitur kuis dalam media Bamboozle yang dimainkan secara individu menjadi faktor siswa untuk lebih tertarik dalam belajar, dikarenakan siswa lebih menyukai media pembelajaran yang berbasis teknologi dibandingkan media pembelajaran konvensional. Media pembelajaran Bamboozle ini memiliki kelebihan dalam visual sehingga membantu motorik siswa untuk lebih tertark mengikuti pelajaran ekonomi. Selain itu, kelebihan media pembelajaran Bamboozle dapat membuat suasana kelas menjadi hidup. Sedangkan kekurangan dari media pembelajaran Bamboozle ini yaitu fitur kuis dari Bamboozle pertanyaanya tidak dapat dilempar ke siswa lain mebuat siswa lain tidak punya kesempatan untuk mencoba menjawab atau mendapat nilai. Bukan hanya itu, kelemahan dari media ini adalah mengharuskan pengguna Bamboozle untuk memiliki akun premium jika ingin menggunakan fitur secara lengkap. Kekurangan dari media pembelajran ini membuat siswa menjadi ketergantungan terhadap teknologi dan menjadikan interaksi antar guru dan siswa menjadi terbatas.
Pada mata pelajaran ekonomi ini kami mencoba untuk menerapkan media pembelajaran game method yang berbasis teknologi dengan menggunakan platform yang bernama Bamboozle. Dalam penerapan media Bamboozle dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berdaya tarik bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pare, sehingga mampu memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Kami menerapkan media pembelajaran Bamboozle pada materi perdagangan internasional, dengan cara menyediakan butir soal sejumlah 20. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan media pembelajaran Bamboozle ini yaitu kami memberikan penjelasan mengenai konsep awal terkait dengan game yang akan dimainkan. Kemudian guru dan peserta didik membuat kesepakatan terkait aturan yang telah disampaikan. Selanjutnya peserta didik bermain game menggunakan platform Bamboozle dengan cara memilih satu nomor yang berisi soal untuk dijawab. Apabila siswa tersebut tidak dapat menjwab soal yang telah di dapat, maka soal dapat dilempar kepada siswa lain. Setiap siswa yang menjawab benar maka akan mendapatkan poin, sementara siswa yang tidak bisa menjawab akan diberikan hukuman. Selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran Bamboozle siswa terlihat sangat antusias dan interaktif. Mereka berlomba-lomba untuk dapat menjawab soal demi mendapatkan poin tambahan. Setelah menggunakan media pembelajaran Bamboozle ini, kami merasa bahwa media ini sangat cocok diterapkan untuk siswa SMA, apalagi ketika jam pelajaran ekonomi berada di jam terakhir.
PenulisÂ
1. Ilus Tri Tanti
2. Indy Rachmadhani
3. Mery Wulansari
4. Mila Adhisty
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H