Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Drum Stick Ala Ibu

5 September 2023   22:08 Diperbarui: 5 September 2023   22:09 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Malam telah memasuki waktu isya. Setelah melakukan ibadah. Hati ini teringat janji kepada pangeran buah hati tercinta untuk membuatkan menu khusus. Permintaan dari buah hati bermula saat kami main dan kuliner di salah satu tempat favorit warga Bandung. Salah satu menu yang kami pesan membuat buah hati terkesan. Saya punya ide dan menyampaikan ide itu pada buah hati. Buah hati kami pun antusias dan segera merajuk untuk segera mengeksekusi ide tersebut. 

Ide apa gerangan? Tentu saja ide membuat menu Drum Stick. Apa sih menu Drum Stick itu? Drum Stick adalah menu olahan daging ayam yang dikreasikan. Saya mencoba berkreasi atas menu tersebut. 

Bahan yang saya siapkan daging ayam giling, telur, bawang putih, merica, kaldu bubuk, garam, tepung tapioka, dan tepung panir. Daging ayam giling saya pakai bagian paha karena tulang pahanya nanti akan dipakai sebagai pegangan drum stick. 

Pagi hari saya tidak mendapatkan ayam fillet. Saya hanya mendapat 1/2 kg daging ayam bagian paha dan 1/2 kg daging ayam campur. Saya memanfaatkan bahan yang ada. Saya membuat fillet dari daging ayam yang ada. Untuk bagian paha saya fillet semua dan saya sisakan tulangnya untuk pegangan drum stik. Bagian ayam lainnya, saya pilih dagingnya. Ada bagian sayap dan bagian lainnya yang berkulit dan bertulang. Bagian ini saya pisahka  untuk membuat sop. 

Setelah saya membuat fillet. Saya pun menggiling fillet tersebut dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Setelah tercampur rata, saya pun mencetaknya menjadi Drum Stick. Karena tulang pahanya hanya ada 5, saya hanya membuat Drum stick 5 buah. Sisa adonan saya buat nugget. 

Adonan drum stick saya masak terlebih dahulu di air mendidih. Setelah adonan mengapung sebagai tanda bahwa adonan sudah matang. Saya pun mengangkat dan meniriskan adonan tersebut. Setelah dingin, drum stick saya lumuri telur dan saya balut dengan tepung panir. Drum stick yang sudah jadi tak langsung saya goreng. Tapi saya simpan di lemari es. Karena drum sticknya mau dibuat bekal buah hati tercinta. Have fun kids. Semoga besok buah hati bunda lahap makannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun