Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kesegaran Seblak Viral

31 Mei 2023   09:41 Diperbarui: 31 Mei 2023   10:04 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pagi itu seperti biasanya aku pergi ke warung untuk memilih sayuran atau lauk pauk. Sayuran dan lauk pauk yang aku beli untuk persediaan esok hari. Aku selalu belanja pada hari sebelumnya. Hal ini aku lakukan agar aktivitas pagi dapat ku lakukan dengan lancar. 

Setelah semua keperluan aku rasa cukup, aku menyerahkan belanjaan ku ke pemilik warung untuk dihitung. Ku serahkan keranjang yang berisi belanjaan ku. Seketika aku melihat di pojok bawah ada kerupuk putih yang biasa digunakan untuk bahan dasar seblak viral. Semangat pun muncul untuk mengambil kerupuk tersebut untuk aku gabungkan dengan belanjaan yang lain. Tak lupa aku menambah barang belajaan dengan bumbu seblak yang belum tersedia di rumah. Aku ingat di rumah kencur sebagai bumbu utama seblak selain bawang putih dan cabe rawit pun ku beli. 

Barang belanjaan ku bawa ke tempat kerja. Aku pulang kerja pukul 15.00. Setiba di rumah setelah ganti pakaian, dan sholat ashar. Aku langsung mengeksekusi bahan-bahan seblak yang aku beli. 

Pertama-pertama ku rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih ku masukkan kerupuk putih sampai agak lembek sesuai selera. Tak lupa air rebusan kerupuk aku beri minyak goreng sedikit. Hal ini bertujuan agar kerupuk yang matang tidak saling menempel. 

Sambil menunggu kerupuk lembek sesuai keinginan. Ku siapkan bumbu sebaliknya. Ku ambil bawang putih  satu siung, cabe rawit 2 buah karena aku sedang mengurangi makanan pedas. Ku tambahkan garam, micin, penyedap rasa, gula putih sesuai takaran yang disesuaikan dengan banyaknya kerupuk. Aku meracik bumbu seblaknya pakai feeling saja. 

Aku mulai mengulek bumbu seblak tersebut. Tingkat kehalusan bumbu disesuaikan dengan selera. Setelah bumbu aku rasa cukup. Aku  memanaskan minyak goreng di dalam wajan. Setelah panas, ku tuangkan minyak goreng tersebut ke bumbu seblak yang sudah ku ulek. 

Aku cek kerupuk yang aku rebus tadi. Alhamdulillah telah matang sesuai keinginanku. Selanjutnya, kerupuk tersebut ku tiriskan dan ku masukan ke bumbu seblak yang sudah aku siapkan. Ku campurkan kerupuk dan bumbu seblaknya. Ku icip-icip alhamdulillah rasa pas. Begitu segarnya seblak viral ini. 

Menyegarkan suasana sambil beristirahat dan bercengkrama bersama keluarga. Alhamdulillah nikmat mana lagi yang kau dustakan. Ucap syukur atas segala nikmat yang Alloh SWT dilimpahkan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun