Suasana pagi yang cerah dan sejuk. Jumat, 25 November 2022 sangat mendukung perayaan Hari Guru Nasional. Perayaan Hari Guru Nasional di wilayah saya dilaksanakan dengan kegiatan upacara, lomba menyanyi dan lomba gerak jalan. Guru-guru tampak berbahagia merayakan Hari Guru Nasional ini.Â
Siswa-siswi tak mau kalah. Mereka memberikan ucapan hari guru dengan cara-cara yang unik dan kreatif. Mereka ada yang mengucapkan lewat puisi, pantun, video ucapan, lagu, ataupun kartu ucapan selamat hari guru. Selain itu siswa-siswi bersama orang tua mereka juga melakukan kejutan untuk gurunya masing-masing.Â
Para guru terharu atas perhatian yang diberikan para siswa dan orang tua. Perhatian ini menjadi tantangan untuk para guru meningkatkan pelayanannya. Makna hari guru bagi saya adalah peningkatan kompetensi dan pelayanan kepada stakeholder pendidikan.Â
Kompetensi guru harus terus saya tingkatkan agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Memahami kodrat anak dan kodrat zaman yang dialami para siswa. Sebagai guru harus terus belajar mengikuti tantangan zaman. Kreativitas guru sangat dibutuhkan dalam menciptakan pembelajaran.Â
Oleh karena itu, guru dituntut untuk mengembangkan kompetensinya. Pengembangan kompetensi dapat dilaksanakan secara mandiri ataupun kedinasan. Pengembangan diri yang dilaksanakan secara berkelanjutan akan membantu para guru meningkat kompetensi nya.Â
Banyak hal yang bisa dilakukan guru dalam pengembangan profesinya. Beberapa diantaranya adalah mengikuti workshop, seminar, pelatihan-pelatihan, banyak membaca dan menulis, bahkan sharing pengalaman bersama rekan guru lainnya ataupun ahli-ahli lainnya. Setelah kompetensi meningkatkan mudah-mudahan dapat berdampak pada pelayanan prima terhadap stakeholder pendidikan.Â
Mari semangat belajar, belajar, belajar, berkarya, berkarya, berkarya, demi generasi emas penerus bangsa.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H