Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Reward Bintang Keaktifan untuk Siswaku

11 Oktober 2022   21:22 Diperbarui: 11 Oktober 2022   21:32 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sungguh bahagia seorang guru saat siswa-siswi nya aktif, semangat, berprestasi, dan berakhlak mulia. Stimulus yang baik dapat mewujudkan hal tersebut. Saya mencoba mengidentifikasi siswa-siswi saya. Hasil dari proses identifikasi saya memutuskan untuk menyusun proses pembelajaran disertai reward dan punishment yang mendidik siswa-siswi saya. 

Saya mencoba memasuki lingkungan belajar dan bermain siswa-siswi. Hal tersebut membantu saya memahami karakteristik masing-masing siswa. Sedikit demi sedikit saya sampaikan nilai-nilai pendidikan dan pengetahuan-pengetahuan yang dapat menjadi bekal masa depan mereka. 

Satu terobosan yang saya laksanakan saya beri nama Bintang keaktifan. Bintang keaktifan adalah reward yang dikumulatif dalam satu bulan. Setiap bulan siswa-siswi menghitung perolehan bintang yang mereka dapatkan. 

Bagi siswa-siswi yang mendapat total bintang paling banyak dinobatkan sebagai bintang keaktifan periode sesuai bulannya. Bintang keaktifan ini menilai semua aspek kebaikan yang dikerjakan setiap siswa. Bintang keaktifan ini telah memasuki bulan ketiga. 

Alhamdulillah sebagai hasil evaluasi, bintang keaktifan ini dapat meningkatkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik semua siswa. Nilai lebih dari bintang keaktifan ini adalah siswa merasa senang, termotivasi, dan belajar sungguh-sungguh serta sportif dalam berbuat hal yang positif. 

Pendamping bintang keaktifan adalah petir. Program petir ini adalah punishment bagi siswa-siswi yang tidak patuh pada kesepakatan. Petir dapat dihapus oleh 10 bintang keaktifan. Sehingga siswa-siswi akan berjuang untuk menabung bintang keaktifan dan menghindari petir dengan patuh pada kesepakatan kelas. 

Ini adalah ikhtiar seorang guru yang ingin memotivasi siswa-siswi nya. Memfasilitasi siswa-siswi untuk mengolah semua potensi yang dimiliki nya. Mudah mudahan generasi emas yang berkarakter dan berakhlak mulia dapat terwujud. Aamiin ya rabbal alamiin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun