Mohon tunggu...
Money

Iklan Produk Tidak Sesuai Kenyataan

7 April 2019   20:17 Diperbarui: 8 April 2019   09:47 1084
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semakin berkembangnya zaman , semakin tinggi pula tingkat konsumerisme masyarakat terhadap kehidupannya. Hal ini membuat banyak para pengusaha berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk mereka dan menarik perhatian para konsumen agar produk mereka banyak diminati dan laris manis dipasaran. Berbagai cara dilakukan untuk membuat produk mereka dikenal dan tersebar luas ke berbagai tempat. 

Salah satu cara nya adalah dengan membuat iklan produk tersebut . Iklan sendiri bisa dilakukan melalui berbagai media dan saluran  seperti ; statiun televisi, poster, brosur, media sosial, majalah, koran dan lain sebagainya. Mereka tak segan-segan mengeluarkan biaya yang besar untuk 1 iklan, agar produk mereka terkenal dan banyak diminati. Pembuatan iklan pun di desain sebagus dan sekreatif  mungkin agar masyarakat tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Tetapi pada kenyataan nya yang kita ketahui seringkali kita merasa tertipu dengan produk yang diiklankan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh nya pada iklan makanan ataupun alat rumah tangga, di iklan makanan biasanya makanan yang kita lihat lebih besar dan berisi. tapi pada saat kita membeli produk tersebut yang kita dapatkan jauh berbeda dengan yang ditampilkan di tv ataupun brosurnya.

Bahkan produk yang kita terima tidak sesuai dengan yang dijanjikan misalnya di iklan burger keju nya lebih banyak sampai meleleh tetapi pada kenyataan ternyata tidak seperti itu. Ataupun iklan alat rumah tangga misalnya detergen pakaian pada saat diiklan kita cukup memakai nya sedikit untuk menghilangkan noda tetapi pada saat kita menggunakannya ternyata tidak cukup hanya dengan takaran sebanyak itu.

Dari kasus tersebut kita perlu memahami beberapa hal agar kita tidak merasa dirugikan saat membeli produk yang kita lihat lewat iklan.

Pengertian Iklan

Iklan adalah suatu pesan atau berita yang di tampilkan dengan tujuan membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.

Ciri Ciri Iklan

Agar dapat menarik perhatian. Pada umumnya, iklan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Menggunakan kata yang menarik, logis,  dan kreatif.
2. Menggunakan pilihan kata yang dapat      mensugesti pikiran.
3. Pilihan kata yang digunakan untuk            membuka informasi utama dari produk.
4. Membuat ciri khas yang unik agar mudah diingat.

Fungsi Iklan

1. Memberi Informasi (Menginformasikan)
2. Membujuk atau mendorong
3. Mengingatkan
4. Memberi  nilai tambah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun