Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi terhadap masyarakat. Dan, Public Relations adalah sebuah profesi yang melakukan kegiatan komunikasi secara continue dengan membangn sebuah reputasi melalaui sebuah komunikasi yang baik.
Mengapa komunikasi sangat berhubungan sekali dengan Public Relations? Karena seorang parktis PR/Humas harus mampu mengembangkan fungsi dan tugasnya dalam melaksanakan hubungan komunikasi kedalam maupun keluar perusahaan. Kegiatan seorang PR pada hakikatnya adalah salah satu kegiatan komunikasi. Karena, seorang paraktisi PR sangat membutuhkan sekali komunikasi yang baik dan mengharapkannya feedback dari public yang menjadi sasarannya maupun pihak internal dan eksternal. Disebabkannya karena sebuah organisasi akan berhasil dengan baik apabila mempunyai pengelolan komunikasi yang bersifat timbal balik. Karena kegiatan yang dilakukan seorang praktis PR mengharapkannya feedback yang merupakan prinsip pokok dalam hubungan masyarakat.
Kunci sukses dalam kegiatan yang dilakukan oleh seorang praktisi PR sangat tergantung pada pelaksanaan komunikasi yang efektif. Selain  itu, seorang praktisi PR juga berperan sebagai fasilitator komunikasi. Peran seorang praktisi PR disini adalah sebagai pendengar yang peka dan sebagai perantara komunikasi. Maka seorang praktisi PR sangat sekali membutuhkan komunikasi yang baik dan efektif agar pada saat melakukan kegiatan apapun, semua pihak internal maupun eksternal dapat memahami tujuan dari kegiatan tersebut. Dan terciptanya sebuah reputasi organisasi yang dibangun oleh seorang parktisi PR melalui komunikasi yang efektif.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI