Mohon tunggu...
Indri Mairani
Indri Mairani Mohon Tunggu... Mahasiswa - NIM: 43223010163 | Program Studi: S1 Akuntansi | Fakultas: Ekonomi dan Bisnis | Universitas: Mercu Buana | Dosen: Prof.Dr.Apollo,M.Si.,AK.

Saya adalah seorang mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Mercu Buana Jakarta. Hobi yang saya gemari adalah membaca buku fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

TB 2 - Kebatinan Mangkunegaran IV Pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

21 November 2024   12:43 Diperbarui: 21 November 2024   20:03 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 7 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Sekilas Tentang Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV

Gambar 2 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 2 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV lahir di Surakarta pada tanggal 1 Sapar Jumakir tahun 1736 Jawa, atau bertepatan dengan tahun 1809 Masehi. Ia memiliki nama kecil Raden Mas Sudira. Mangkunegara IV adalah cicit dari Mangkunegara I, yang lebih dikenal sebagai Raden Mas Sahid atau Pangeran Sambernyawa. Sebagai cucu dari Mangkunegara II, hubungan keluarga ini sangat erat.

Sejak usia muda, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV telah menunjukkan bakat dan kemampuan luar biasa. Karena keunggulannya itu, ia diangkat menjadi prajurit Legiun Mangkunegaran. Pengangkatan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan didasarkan pada jasa-jasanya yang signifikan. Atas kontribusinya, Mangkunegara IV menerima berbagai tanda kehormatan dan bintang jasa. Karier militernya pun terus menanjak dengan mulus, tanpa hambatan berarti.

Selain dikenal sebagai pemimpin militer, Mangkunegara IV juga seorang penyair yang sangat produktif. Ia menciptakan beragam karya yang mencakup berbagai bidang. Karya-karyanya tidak hanya membahas kehidupan sehari-hari, tetapi juga meliputi piwulang, yakni tulisan yang memuat ajaran moral, spiritual, dan pendidikan. Ajaran-ajaran tersebut dirancang untuk berbagai golongan, menawarkan wawasan mendalam tentang kejiwaan dan kerohanian. Warisan intelektual ini menunjukkan peran beliau sebagai seorang budayawan dan pemimpin yang menginspirasi.

Meneliti Lebih Dalam Serat Wedhatama

Gambar 3 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 3 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Serat Wedhatama adalah salah satu karya monumental yang digubah oleh KGPAA Mangkunegara IV. Naskah ini ditemukan dalam kumpulan Serat-serat Anggitan Dalem Mangkunegara IV, jilid III, dan diterbitkan oleh Noorholp Kholep di Jakarta pada tahun 1953. Di antara karya-karya lainnya, Serat Wedhatama menonjol sebagai salah satu yang paling terkenal dan berpengaruh sampai saat ini.

Judul Wedhatama sendiri memiliki makna yang mendalam. Kata "wedha" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti ngelmu (menuntut ilmu), paugeran (aturan), atau tuntunan (pedoman), seperti yang dijelaskan oleh Gericke dan Roorda (1910: 30). Sementara itu, "tama" bermakna utama atau yang paling penting. Dengan demikian, Wedhatama dapat diartikan sebagai ajaran utama atau tuntunan yang paling mulia. Karya ini berisi ajaran-ajaran yang mendalam tentang kehidupan, keutamaan moral, dan spiritual, menjadikannya panduan yang relevan bagi berbagai kalangan hingga saat ini.

Selain itu, Serat Wedhatama merupakan karya sastra yang memukau dengan keindahan bahasanya, menampilkan tingkat estetik yang tinggi. Dibandingkan dengan karya-karya lain dari KGPAA Mangkunegara IV dan dianggap paling unggul, sehingga menarik perhatian para ahli sastra dan pengamat kebudayaan untuk mempelajarinya lebih dalam.

Keunggulan Serat Wedhatama tidak hanya terletak pada keindahan sastranya, tetapi juga pada isi dan tujuan ajarannya. Karya ini secara khusus ditujukan kepada putra-putri Mangkunegara yang mengandung ajaran etika dan budi pekerti yang berfungsi sebagai media culturatif, yakni untuk mensosialisasikan nilai-nilai luhur kepada generasi muda. Fokus utama ajaran dalam Serat Wedhatama adalah mendidik kaum muda agar tumbuh menjadi manusia dewasa yang memahami tata susila dan memiliki karakter yang mulia.

Berikut ini adalah ringkasan isi dari Serat Wedhatama, yang mencakup berbagai ajaran moral, spiritual, dan panduan kehidupan yang esensial untuk pembentukan pribadi yang unggul.:

  • Pupuh I Pangkur (14 bait): 

Dalam hal ini menggambarkan perilaku orang bodoh yang memiliki hati congkak dan senantiasa memalukan dalam setiap perjamuan karena memiliki tingkah yang tak sopan. Meskipun usianya telah tua, tetapi orang sekitar tidak ada yang menghormati orang tersebut. Hal ini karena banyak orang tidak menyukai tingkah laku dan perilaku yang tidak terpuji.

Dalam kehidupan bermasyarakat, sangat penting untuk menghindari perilaku yang tidak baik agar dapat dihormati oleh orang lain. Seseorang yang congkak dan berperilaku tidak sopan cenderung akan dijauhi atau bahkan dikucilkan oleh lingkungannya. Perilaku semacam ini sering kali digambarkan dalam peribahasa "tong kosong berbunyi nyaring" yang merujuk pada individu yang banyak berbicara atau pamer, tetapi sebenarnya tidak memiliki kualitas diri yang layak dibanggakan. Peribahasa ini juga menggambarkan orang yang hanya mengandalkan status atau kehormatan keluarganya,

  • Pupuh II Sinom (18 bait)

Dalam hal ini membahas tentang Panembahan Senapati di Mataram yang merupakan seorang pribadi yang selalu prihatin, berhasil. Sehingga setelah menjadi orang terhormat beliau selalu menyepi dan mempertajam budi pekerti. Tingkah laku yang terpuji itu dapat dijadikan teladan bagi keluarga kerajaan, para ksatria dan guru di tanah Jawa. Ketika itu banyak anak muda yang tak pernah menjalankan "laku" prihatin dan tidak dapat menetadani sifat-sifat ksatria.

Dalam kehidupan, ada tiga hal penting yang sebaiknya diraih, yaitu pangkat, harta, dan kepandaian. Ketiganya berperan sebagai penopang kehidupan yang bermakna. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana seseorang memanfaatkan apa yang dimilikinya. Orang bijaksana akan menggunakan pangkat, harta, dan kepandaian untuk tujuan yang bermanfaat, tanpa menjadi sombong meskipun ia berasal dari keluarga terpandang, seperti keturunan raja atau orang terhormat.

  • Pupuh III Pucung (15 bait)

Dalam hal ini memperoleh ilmu itu haruslah melalui "laku" serta budi luhur, yaitu dengan mencegah nafsu keduniawian yang akan mendatangkan bahaya. Orang yang senang melakukan samadi, akan dapat menguasai diri, antara lain: sabar, bertingkah laku sareh, dan sebagainya.

Ajaran tersebut akan lebih bermanfaat jika diterapkan kepada generasi muda, khususnya dalam menanamkan nilai kejujuran karena ilmu akan lebih mudah dipelajari jika hati dilandasi dengan kejujuran dan ketulusan. Terlebih lagi, jika kejujuran itu disertai dengan tapabrata yang dimana pengendalian diri dan keteguhan dalam menjalani kehidupan. Dalam pandangan hidup orang Jawa, terdapat tiga prinsip utama yang perlu dipegang sebagai pedoman: 

1. Hati selalu senang meskipun kehilangan segalanya: dalam penerapannya, hal ini mengajarkan untuk tetap bersyukur dan menjaga ketenangan batin, meskipun menghadapi kehilangan atau kesulitan.

2. Selalu menerima apabila dihina oleh sesame: dalam penerapannya, seseorang harus memiliki rasa sabar dalam menghadapi penghinaan dengan lapang dada tanpa balas dendam merupakan tanda kebesaran hati. 

3. Mengakui bahwa dirinya rendah dan pasrah kepada Sang Pencipta: dalam penerapannya, seorang manusia harus memiliki kesadaran akan keterbatasan diri serta sikap berserah diri, ikhlas, dan percaya kepada kehendak Tuhan menunjukkan kerendahan hati.

  • Pupuh IV Gambuh (25 bait)

Dalam hal ini mebahas tentang empat macam Sembah. Barangsiapa dapat melakukan sembah ini akan memperoleh anugerah Tuhan. Pertama, Sembah raga adalah bentuk penghormatan kepada Tuhan melalui ibadah fisik, salah satunya dengan melaksanakan sholat lima waktu secara rutin. Kedua, Sembah cipta berfokus pada kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan menciptakan keluhuran budi.

Ketiga, Sembah jiwa yang ditujukan kepada Yang Suksma yang hubungahnya dengan alam triloka. Yang dimaksud alam triloka yaitu: 1) Janaloka, yaitu yang berhubungan dengan perasaan; 2) Guruloka, yaitu yang berhubungan dengan angan-angan; 3) lndraloka, yaitu yang berhubungan dengan cipta. Keempat, Sembah rasa berasal dari inti rasa kehidupan, yang berakar pada kesadaran batin yang menekankan pentingnya menjaga rasa hati agar selalu sabar, tenang, dan waspada.

Gambar 4 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 4 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Adapun kualifikasi pemimpin dalam menguasai Raos Gesang:

  • Bisa Rumangsa, Ojo Rumangsa Bisa: Empati berarti kemampuan pemimpin untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan rakyat. Dengan empati, pemimpin dapat mengasah rasa kasih sayang karena turut merasakan situasi rakyat. Hal ini penting agar sudut pandang pemimpin selaras dengan rakyat, sehingga kebijakan yang diambil berpihak kepada mereka. Sebaliknya, sikap "rumangsa bisa" mencerminkan kurangnya empati, di mana seseorang merasa selalu benar, mengharuskan orang lain mengikuti pandangannya, meskipun sebenarnya tidak memiliki kemampuan yang cukup. Sikap ini juga mencakup keengganan untuk belajar.
  • Angrasa Wani: Keberanian adalah kunci, baik untuk memulai, belajar, salah, maupun berjuang. Tanpa keberanian, seseorang akan terjebak di zona nyaman dan tak bergerak maju. Bagi seorang pemimpin, keberanian adalah syarat mutlak. Tanpanya, kepemimpinan tidak akan membawa perubahan, dan yang dipimpin akan stagnan. Pemimpin harus berani berinovasi, membuat terobosan, dan menghadapi risiko demi kemajuan.
  • Angrasa Kleru: Berani mengakui kesalahan adalah tanda kemanusiaan. Wajar bagi manusia untuk berbuat salah, tetapi tidak manusiawi jika selalu merasa diri benar. Kesadaran dan pengakuan atas kesalahan membuka peluang untuk perbaikan. Tanpa itu, hidup akan stagnan karena tidak ada upaya pembenahan dari setiap kesalahan.
  • Bener tur pener : Pemimpin harus berpijak pada kebenaran dan keadilan yang relevan dengan situasi, ruang, waktu, dan konteksnya. Banyak orang merasa benar, tetapi kebenaran yang disampaikan tidak tepat dengan kondisi, seperti dalam perdebatan. Kebenaran yang tidak kontekstual justru dapat menimbulkan ketidakseimbangan.

Gambar 5 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 5 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Berikut kualifikasi pemimpin Jawa dalam stabilitas moral yang ditinjau berdasarkan agama yang menegakkan moral/akhlaknya:

  • Aja Kagetan : Pemimpin tidak boleh mudah terkejut atau heran, karena hal itu menunjukkan ketidaksiapan menghadapi kenyataan. Sikap seperti ini dapat mengaburkan kejernihan berpikir. Oleh karena itu, penting untuk memperluas wawasan dan pengetahuan agar mampu memahami berbagai kemungkinan. Dengan keyakinan bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Tuhan, pemimpin harus menyikapi situasi dengan tenang dan bijak, tanpa perlu terkejut.
  • Aja Dumeh : Jangan Sombong, jangan mentang-mentang. Jangan mentang-mentang jadi pimpinan lalu menindas, jangan mentang-mentang jadi rakyat lalu tidak mau diatur, jangan mentang mentang kaya lalu boros, jangan mentang-mentang pintar lalu mintari yang lain.
  • Prasaja : Hidup Sederhana, sesuai kebutuhan dan secukupnya. Kadang disebut Bersahaja, tidak terlihat sengsara dan atau bermewah-mewah.
  • Manjing Ajur Ajer : Pemimpin harus mampu membaur dan menyatu dengan masyarakat, sesuai konsep ajur (hancur) dan ajer (cair). Pemimpin tidak boleh menjadi sosok elit yang jauh, sulit ditemui, atau dianggap terlalu istimewa untuk diajak berinteraksi. Sebaliknya, seorang pemimpin harus hadir di tengah rakyatnya, mendengarkan dan memahami mereka. Dengan menyatu, kehendak rakyat dan pemimpin dapat selaras, menciptakan hubungan yang lebih harmonis.

Gambar 5 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 5 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Berikut ini jalan kepemimpinan menurut Asta Brata yang diambil dari kisah Ramayana yang ditulis oleh Resi Walmiki:

  • Ambeging Lintang: Pemimpin harus mengikuti jalannya bintang, bintang adalah simbol pedoman atau petunjuk, maka pemimpin harus bisa menjadi teladan atau masyarakatnya.
  • Ambeging Surya: Pemimpin harus menempuh jalannya matahari, matahari adalah simbol keadilan dan kekuatan. Matahari memeberikan energi dan kekuatan tanpa memilih, sekaligus adil. Matahari tidak memilih siapa yang diberi cahaya dan siapa yang tidak. Kalau ada yang tidak kebagian cahaya mungkin dia menutupinya dengan sesuatu atau tertutupi sehingga cahanya tidak sampai. Seorang pemimpin harus menjalankan jalannya matahari adil dan memberi kekuatan.
  • Ambeging Rembulan: Pemimpin harus mengikuti jalannya rembuan, merupakan simbol penerangan dalam kegelapan. Pemimpin harus menerangi masyarakatnya, mencerahkan dan mencerdaskannya.
  • Ambeging Angin: Pemimpun harus memberi solusi dan kesejukan kepada rakyatnya. Sebagimana yang dilakukan angin. Angin selalu memberikan kesejukan disetiap hembusan dan selalu memberikan jalan keluar, angin itu lubang sedikit bisa keluar adalah simbol dari memberi solusi.
  • Ambeging Mendhung: Pemimpin harus berwibawa namun tidak menakutkan, nanti mendhung akan menjadi hujan dan memberi anugerah yang menyenangkan. Pemimpin harus berwibawa dan berwibawa tidak perlu menakutkan.
  • Ambeging Geni: Pemimpin mampu memberantas kejahatan, mampu menegakkan hukum, kalau salah dibasmi, kalau menyusahkan disingkirkan.
  • Ambeging Banyu/Samudro: Simbol dari keluasan, kesabaran, kesabaran, dan siap menampung segala hal. Pemimpin harus bisa momong semua rakyatnya, menampung berbagai permasalahan rakyatnya. Sebagaimana laut dia akan menjadi muara terakhirnya semua aliran air sungai-sungai dan dia siap menampung apapun yang datang dan hadir. Dia luas, tangguh dan sabar.
  • Ambeging Bumi: Pemimpin harus kuat dan tangguh meskipun diinjak injak, meskipun angakara murka diatasnya dia sanggup serta membalasnya dengan kesehjateraan kepada manusia diatasnya, juga sebagai simbol manusia diatasnya sebagai rakyat yang harus berada diatas. Karena diatas pemimpin adalah rakyat.

Gambar 7 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 7 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Adapun kategori-kategori pemimpin Jawa dalam tradisi filsafat Jawa, yaitu:

  • Nistha : Pemimpin yang hina, yang hanya memimpin dirinya sendiri, sama sekali mengabaikan tugas dan tanggujawabnya, hanya mementingkan dirinya, keluarga atah kelompok sendiri.
  • Madya : Pemimpin yang sebenarnya sudah amanah, dia sudah menjalankan tugas dan kewajibkan yang dia jalankan setelah itu dia menuntut haknya (gaji/imbalan). Kewajibkan dijalankan haknya juga dia tuntut, tidak masalah pemimpin seperti ini, namun dalam kategori jawa termasuk pemimpin yang cukup belum istimewa
  • Utama : Pemimpin yang menjalankan kewajiban dan apa yang harus dia jalankan, bahkan dia lebihkan. Bahkan rela berkorban demi kebahagiaan, kesehjateraan, kemakmuran tanpa menghitung hak-hak yang dia dapatkan. Ini termasuk dalam pemimpin unggulan, pemimpin yang istimewa dalam tradisi filsafat pemimpin jawa.

Gambar 8 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 8 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Menurut pemikiran filsafat Mangkunegara IV, di dalam kehidupan dunia ini manusia akan selalu mendapat keluhuran jika memiliki tiga unsur, yaitu wirya (keluhuran), arta (kekayaan), dan winasis (ilmu pengetahuan). Jika ketiganya tidak dapat dimiliki maka dipilihlah salah satu. Berikut tiga martabat manusia menurut KGPAA Mangkunegara IV:

  • Wirja, tegesipoen: ngoedi dateng pangkat kaprijantoenan toewin sesaminipoen ingkang ndjalari pikantoekipoen blandja.
  • Ngoedi sagedipoen pikantoek pawitan saking sekedik, moerih saged dedagangan, tetanen, nenoekang sp. (karingkes: arta).
  • Winasis, tegesipun: ngoedi kasagedan (agal poenapa aloes) ingkang ndjalari pikantoek panggesangan. Manawi sepen babar pisan saking salah satoenggal inginggil waoe. Gesangipoen wonten ing donja tanpa adji, prasasat ron djatos ingkang sampoen aking wekasan nandang papa klambrangan, papriman sapanoenggalipoen.

Menurut pemikiran Mangkunegara IV, seorang bangsawan atau priyayi nduwuran tidaklah tabu jika mengejar kekayaan dunia (arta). Secara substansial, kekayaan tersebut akan menjadi lebih bermanfaat dan tepat guna apabila diimbangi dengan sikap dan memiliki pengetahuan yang luas (winasis). Kekayaan (arta) sekaligus pengetahuan akan lebih menjadi manfaat bagi masyarakat jika diimbangi memiliki kedudukan (wirya).

Dengan kedudukan, seseorang dapat membuat kebijakan untuk kepentingan orang banyak. Singkatnya ajaran Mangkunegara IV wirya, arta, dan winasis merupakan tipe ideal yang ingin dibudayakan kepada seluruh trah dan masyarakat Mangkunegaran.

Meneliti Lebih Dalam Serat Paramayoga

Gambar 9 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 9 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Serat Paramayoga adalah salah satu karya sastra Jawa yang berisi ajaran spiritual dan panduan kehidupan. Serat ini sering dikaitkan dengan nilai-nilai filsafat dan kebijaksanaan hidup, terutama dalam konteks budaya Jawa.

Latar belakang penulisan Serat Paramayoga didasarkan pada keinginan untuk memberikan pedoman hidup yang selaras dengan ajaran moral, etika, dan spiritualitas. Penulisannya biasanya dikaitkan dengan para pujangga pada masa kerajaan Mataram, seperti Ranggawarsita, meskipun atribusi penulis dapat berbeda-beda tergantung versi manuskrip.

Serat ini membahas tentang bagaimana manusia dapat mencapai "kesempurnaan hidup" atau kasampurnan, baik dalam hubungan dengan dirinya sendiri, masyarakat, maupun Tuhan. Berikut ini Dharma Pemimpin menurut Serat Pramayoga Oleh Raden Ngabei Ranggawarsita:

  • Hang Uripi: pemimpin harus melindungi, menghormati, dan menjaga perdamaian untuk mencapai kehidupan yang layak.
  • Hang Rungkepi: seorang pemimpin harus berani berkorban jiwa, raga, dan harta demi kesejahteraan bangsa, menghimpun kekuatan untuk membela rakyat.
  • Hang Ruwat: mengatasi segala masalah yang mengganggu pemerintahan demi ketenteraman masyarakat.
  • Ha Nata: pemimpin harus bisa menata berdasarkan konsep nata lan mbangun praja, menegakkan keadilan, disiplin, kejujuran, dan kesetiaan demi kesejahteraan.
  • Ha Mengkoni: memberi bingkai agar kesatuan bangsa tetap terjaga meskipun dalam kebebasan memanfaatkan potensi yang ada.
  • Hang Ayomi: memberikan perlindungan dan rasa aman kepada rakyat.
  • Hang Urubi: membangkitkan semangat kerja untuk mencapai kesejahteraan.
  • Ha Memayu: menjaga ketenteraman dengan keselarasan dan keharmonisan berlandaskan rasa saling percaya.

Meneliti Lebih Dalam Serat Salokatama

Gambar 10 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 10 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Serat Salokatama adalah sebuah karya sastra Jawa yang terdiri atas 31 bait dalam metrum macapat bertembang Mijil. Karya ini ditulis pada tahun 1799 Jawa atau 1870 Masehi. Nama Salokatama berasal dari dua kata, yaitu saloka dan tama. Saloka berarti kalimat yang mengandung perumpamaan, serupa dengan peribahasa, sementara tama berarti baik atau utama. Dengan demikian, Salokatama dapat diartikan sebagai kumpulan perumpamaan-perumpamaan yang mengandung ajaran dan nasihat luhur.

Karya ini lahir dari pengamatan terhadap perilaku manusia, khususnya mereka yang kerap menyakiti diri sendiri karena lupa akan rasa malu dan terdorong oleh keinginan hati yang tidak terkendali. Dalam keadaan tersebut, kewaspadaan hilang, yang pada akhirnya membawa penderitaan. Penyebab utama dari situasi ini adalah kebodohan, kesombongan, dan sikap ingin menang sendiri, serta dorongan untuk segera menunjukkan kelebihan tanpa pertimbangan matang.

Serat Salokatama mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan batin, kewaspadaan, dan kerendahan hati. Melalui perumpamaan-perumpamaan dalam serat ini, pembaca diajak untuk merenungi tindakan mereka dan memahami bahwa kesombongan dan kurangnya introspeksi dapat berujung pada kehancuran.

Salah satu tujuannya hanya ingin menipu orang yang melihatnya dan agar dipuji sebagai orang yang punya kelebihan. Dia tidak mengetahui bahwa orang Iain tersenyum sinis. Orang yang sayang kepadanya, berkurang rasa sayangnya. Orang yang belum kenal pun sudah mendengar kabarnya. Orang yang membencinya bersorak dalam hati. Maka nampaklah sifat rahasianya, tidak ada yang baik, seperti orang yang jahil dan jahat.

Ajaran lain yang terdapat dalam Serat Salokatama adalah ajaran agar manusia tidak mempunyai watak sombong, membanggakan dirinya. Sifat sombong dapat menjerumuskan ke perbuatan yang tidak baik, misalnya memamerkan kekayaan, kepandaian, pangkat, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi manusia untuk selalu menyadari bahwa manusia hidup bersama masyarakat lain. Dengan demikian, diharapkan orang akan selalu ingat bahwa dirinya berada di antara manusia lain sehingga perlu adanya sikap saling menghargai.

Mengenal Lebih Dalam Serat Tripama

Gambar 11 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 11 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Gambar 12 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB
Gambar 12 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB

Serat Tripama adalah salah satu karya KGPAA Mangkunagara IV yang cukup singkat. Hanya berisi 7 bait tembang Dhandhanggula. Serat ini sering ditembangkan oleh anak-anak sekolah dan dikutip sebagai lirik dalam musik gamelan.

Kata tripama sendiri berasal dari gabungan kata tri 'tiga' dan umpama 'perumpamaan', merujuk pada tiga tokoh dalam dunia pewayangan yaitu Patih Suwanda dari Maespati, Kumbakarna dari megeri Alengka dan Adipati Basukarna dari Awangga.

Ketiganya digambarkan mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi pada negaranya, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan keluarga. Sikap ketiga tokoh itu juga menggambarkan berbagai macam nilai yang ada di dalam Etika Jawa sehingga patut menjadi suri teladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berikut ini isi ajaran dalam Serat Tripama:

  • Bambang Sumantri atau Patih Suwanda

Sejak kecil Sumantri bertekad akan mengabdi kepada Prabu Harjuna Sasrabahu di Maespati. Bambang Sumantri yang kemudian bergelar Patih Suwanda di negeri Maespati yang masyhur keberaniannya dan mampu menyelesaikan tugas berat dengan penuh tanggung jawab.

Patih Suwanda gugur ketika menghadapi Prabu Dasamuka raja raksasa dari kerajaan Alengka. Tiga tauladan watak dan kepribadian Patih Suwanda adalah: Guna :  wasis, mumpuni, kawruh (kepandaian), Kaya: sugih (kekayaan), dan Purun : wani, kendel, saguh, gelem (keberanian).

  • Kumbakarna

Kumbakarna adalah pejuang tanpa pamrih, tidak untuk kepentingan derajat, pangkat, jabatan, dan kedudukannya. Perjuangannya dilandasi kecintaan kepada tanah air. Berperang tidak untuk menang, tetapi merupakan wujud pengabdian terakhir bagi nusa dan bangsanya.

Beliau berjuang tidak untuk mengabdi kepada raja karena merasa tidak sependapat dengan perbuatan rajanya. Kumbakarna memilih gugur sebagai pahlawan, tidak mau melihat bencana yang menimpa tanah airnya Ia rela mengorbankan hidupnya demi bangsa dan negaranya.

  • Adipati Karna

Adipati Karna Basusena putra Dewi Kunthi dengan Dewa Suryasangat cakap berolah senjata. Beliau diangkat sebagai saudara oleh Duryudana dan dinobatkan sebagai senapati (panglima perang) Hastinapura. beliau merasa telah diberi kemuliaan, kekayaan, dan kehormatan.

Maka, kewajiban prajurit sejati adalah bertempur di medan laga walau beliau menyadari tidak akan menang berperang melawan saudaranya, Arjuna. Walaupun demikian tekadnya betul-betul telah bulat menjalankan darma dan karmanya.

Mangkunagara IV menyadari bahwa ketiga tokoh tersebut memiliki kelemahan masing-masing yang menurut pandangan umum masyarakat Jawa harus dihindari. Apalagi kelemahan-kelemahan ketiga tokoh tadi telah ditebus dengan darma baktinya, yaitu nuhoni trah utama pada diri Sumantri, nuhoni kesatriyane hing tekad labuh negari pada Kumbakarna, dan ciptanira harsa males sih pada Karna Basusena, sehingga ketiganya pantas dijadikan sebagai teladan suatu sikap keprajuritan.

Mengapa Ajaran atau Serat-Serat KGPAA Mangkunegaran IV berkaitan dengan Upaya Pencegahan Korupsi di Indonesia dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri?

Ajaran dan Serat-Serat KGPAA Mangkunegaran IV, seperti Serat Wedhatama, mengandung nilai-nilai luhur yang sangat relevan dalam membentuk karakter individu yang berintegritas dan bertanggung jawab. Dalam konteks pencegahan korupsi, ajaran ini mengajarkan pentingnya pengendalian diri, kejujuran, kesederhanaan, dan rasa tanggung jawab, yang merupakan fondasi moral untuk menciptakan masyarakat dan pemimpin yang bersih dari perilaku menyimpang.

Salah satu inti ajaran Mangkunegaran IV adalah konsep "eling lan waspada", yang mengingatkan setiap individu untuk selalu sadar dan waspada terhadap godaan duniawi. Sikap ini relevan dalam mencegah korupsi, karena dengan memiliki kesadaran diri yang kuat, seseorang dapat menjaga diri dari perilaku yang melanggar hukum dan etika. Selain itu, konsep "mulat sarira", atau refleksi diri, mendorong individu untuk introspeksi dan memperbaiki diri sebelum menilai orang lain.

Transformasi dalam memimpin diri sendiri juga menjadi inti ajaran Mangkunegaran IV. Memimpin diri sendiri berarti memiliki kemampuan untuk mengatur emosi, memahami batasan diri, dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Nilai-nilai ini menjadi panduan moral yang tak lekang oleh waktu. Jika diterapkan secara konsisten, ajaran Mangkunegaran IV dapat menjadi salah satu kunci penting dalam membangun bangsa yang berkeadilan, bersih dari korupsi, dan dipimpin oleh individu-individu yang memegang teguh etika dan tanggung jawab moral.

Bagaimana Penerapan-Penerapan Ajaran KGPAA Mangkunegaran IV Berintegrasi dengan Upaya Pencegahan Korupsi di Indonesia?

Gambar 13 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 
Gambar 13 Dokpri TB 2 Anti Korupsi dan Etik UMB 

Penerapan ajaran KGPAA Mangkunegaran IV dalam konteks pencegahan korupsi di Indonesia dapat dilihat sebagai upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral, etika, dan kebijaksanaan dalam budaya organisasi dan kepemimpinan. KGPAA Mangkunegaran IV, yang merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana dan visioner, tetapi juga sebagai sosok yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupannya.

KGPAA Mangkunegaran IV, atau yang dikenal dengan nama asli Raden Mas Said, merupakan seorang pemimpin yang menjabat sebagai Pangeran Mangkunegaran ke-IV di Surakarta pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Sebagai seorang pemimpin, Mangkunegaran IV mengedepankan nilai-nilai moral yang sangat tinggi dalam pengelolaan pemerintahan. Beliau percaya bahwa kepemimpinan yang adil dan bijaksana akan menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

Beberapa nilai yang diajarkan oleh KGPAA Mangkunegaran IV yang dimana ilai-nilai ini menjadi dasar dalam setiap tindakan kepemimpinannya, dan bisa diaplikasikan dalam upaya mencegah korupsi di Indonesia, khususnya dalam sektor pemerintahan dan birokrasi.

  • Integritas: KGPAA Mangkunegaran IV menekankan pentingnya integritas dalam menjalankan tugas kepemimpinan. Integritas yang tinggi akan membentuk karakter pemimpin yang tidak mudah terpengaruh oleh godaan-godaan yang merusak, seperti praktik korupsi.
  • Kejujuran: kejujuran yang diajarkan oleh KGPAA Mangkunegaran IV sangat penting dalam menghadapi masalah korupsi di Indonesia. Kejujuran adalah nilai dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin dan pejabat publik. Dalam ajaran beliau, tidak ada ruang bagi pemimpin yang mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan di atas kepentingan masyarakat. Korupsi, yang merugikan negara dan rakyat, jelas bertentangan dengan nilai kejujuran yang diajarkan oleh Mangkunegaran IV. Untuk itu, penerapan prinsip kejujuran dapat dilakukan dengan memperkuat sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel, serta memperbesar pengawasan terhadap tindakan pejabat publik. Penegakan hukum yang tegas terhadap para koruptor juga harus diutamakan, sebagaimana ajaran KGPAA Mangkunegaran IV yang sangat menekankan pentingnya keadilan.
  • Kedisiplinan: ajaran tentang disiplin juga sangat relevan dalam memberantas korupsi. Mangkunegaran IV menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Para koruptor, yang sering kali bertindak secara sembunyi-sembunyi dan tidak disiplin dalam menjalankan amanahnya, perlu diingatkan bahwa kepentingan rakyat harus selalu didahulukan. Untuk itu, perlu ada pendidikan dan pelatihan tentang nilai-nilai disiplin bagi aparat pemerintahan dan pejabat publik. Dengan disiplin yang tinggi, diharapkan para pejabat publik dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih profesional dan menghindari praktik korupsi yang merugikan banyak pihak.
  • Kebijaksanaan: Seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan dengan bijaksana dan berpikir jangka panjang, terutama dalam hal kebijakan yang melibatkan penggunaan anggaran negara. Kebijaksanaan dalam keputusan-keputusan tersebut akan meminimalisir potensi penyalahgunaan wewenang yang dapat berujung pada korupsi.
  • Keseimbangan: Selain itu, ajaran Mangkunegaran IV yang menekankan keseimbangan antara kepentingan individu dan kolektif juga dapat diterapkan dalam pemberantasan korupsi. Seorang pejabat publik harus mampu menyeimbangkan antara hak pribadi dan tanggung jawabnya kepada masyarakat. Dalam hal ini, penyalahgunaan kekuasaan demi kepentingan pribadi harus dianggap sebagai pelanggaran moral yang sangat serius dan harus dihukum dengan tegas.
  • Tanggung jawab sosial: KGPAA Mangkunegaran IV juga menekankan pentingnya pengabdian kepada negara dan masyarakat. Ajaran ini mengajarkan bahwa seorang pemimpin atau pejabat publik tidak boleh melayani kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, melainkan harus mengutamakan kepentingan rakyat banyak. Penerapan prinsip ini dalam konteks pemberantasan korupsi berarti mengedepankan pelayanan publik yang tulus dan menghindari adanya penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Pengabdian yang dimaksud adalah pengabdian yang bersih, tanpa pamrih, dan benar-benar untuk kepentingan bangsa dan negara.

Budaya korupsi yang sudah mengakar di sebagian kalangan, serta minimnya efek jera bagi para pelaku korupsi, juga menjadi tantangan besar dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, penerapan ajaran KGPAA Mangkunegaran IV yang menekankan pada moralitas dan etika dalam kepemimpinan, dapat menjadi landasan yang kuat dalam menciptakan sistem pemerintahan yang bebas dari korupsi.

Ajaran KGPAA Mangkunegaran IV dapat diterapkan dalam upaya pencegahan korupsi dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam kebijakan publik, pendidikan karakter bagi pejabat publik, serta dalam pembentukan budaya organisasi yang bersih dan transparan. Berikut adalah beberapa langkah konkret yang dapat dilakukan:

  • Membangun Kepemimpinan yang Berintegritas: pemimpin yang berintegritas adalah kunci dalam pencegahan korupsi. Menggunakan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh KGPAA Mangkunegaran IV, seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh yang baik dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam tugas pemerintahan maupun dalam interaksi sosial. Kepemimpinan yang adil dan transparan dapat meminimalisir peluang korupsi di kalangan birokrasi.
  • Penguatan Pendidikan Moral dan Etika Bagi Pejabat Publik: pendidikan moral dan etika sangat penting dalam membentuk karakter pemimpin dan pegawai negeri. Mengintegrasikan ajaran KGPAA Mangkunegaran IV ke dalam kurikulum pendidikan bagi calon pejabat publik akan membantu menanamkan prinsip-prinsip seperti kejujuran, kebijaksanaan, dan tanggung jawab sosial. Hal ini dapat mencegah praktik-praktik korupsi yang sering kali muncul akibat ketidakmampuan dalam mengelola wewenang dan tanggung jawab.
  • Pengawasan dan Akuntabilitas yang Ketat: KGPAA Mangkunegaran IV menekankan pentingnya pengawasan dalam setiap tindakan kepemimpinan. Oleh karena itu, untuk mencegah korupsi, perlu ada sistem pengawasan yang ketat, baik dari internal maupun eksternal. Dengan pengawasan yang transparan dan akuntabel, setiap tindakan yang mencurigakan dapat dengan cepat terdeteksi, dan para pelaku korupsi dapat diberi sanksi yang sesuai.
  • Menciptakan Budaya Organisasi yang Bersih: ajaran KGPAA Mangkunegaran IV juga dapat diadopsi dalam pembentukan budaya organisasi di pemerintahan. Budaya organisasi yang mengutamakan integritas, keterbukaan, dan transparansi akan mencegah munculnya praktik-praktik korupsi di lingkungan birokrasi. Dengan demikian, nilai-nilai yang diajarkan oleh Mangkunegaran IV akan menginspirasi para pejabat untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya, serta menjaga kehormatan jabatan yang diembannya.

Bagaimana Penerapan-Penerapan Ajaran KGPAA Mangkunegaran IV Berintegrasi dengan Perubahan Jiwa Kepemimpinan pada Diri Sendiri?

KGPAA Mangkunegaran IV, atau Mangkunegara IV, adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Kepangeranan Mangkunegaran di Surakarta. Ia dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana, perhatian terhadap rakyat, dan memiliki pandangan yang mendalam tentang nilai-nilai kemanusiaan serta moralitas dalam kepemimpinan. Ajaran-ajaran beliau banyak berkaitan dengan tiga aspek penting dalam kehidupan, yaitu:

  1. Adab atau Etika: Ajaran ini menekankan pentingnya sikap santun, berbudi pekerti luhur, dan menjaga perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Individu diajarkan untuk menghormati sesama, berbicara dengan sopan, dan bertindak dengan penuh tanggung jawab.
  2. Keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi: Keseimbangan antara aspek material dan spiritual menjadi kunci penting dalam menciptakan harmoni dalam kehidupan seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang hanya berfokus pada kesuksesan material atau duniawi cenderung terjebak dalam ambisi yang berlebihan, yang dapat mendorongnya untuk mengabaikan nilai-nilai moral dan etika. 
  3. Kepemimpinan yang penuh kasih sayang: KGPAA Mangkunegaran IV mengajarkan bahwa seorang pemimpin yang baik bukan hanya yang memiliki kemampuan untuk memimpin dalam hal kekuasaan atau materi, tetapi juga yang memiliki sifat empati yang mendalam terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Selain itu, menekankan pentingnya mendengarkan dengan penuh perhatian. Seorang pemimpin yang baik harus mampu mendengarkan aspirasi, keluhan, dan masukan dari bawahannya, tanpa terburu-buru memberikan keputusan atau kritik.

Dalam ajaran beliau, seorang pemimpin harus mampu memimpin dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab, menjaga kehormatan diri dan masyarakat, serta mampu menegakkan hukum dan keadilan. Penerapan ajaran tersebut pada diri seorang pemimpin modern adalah dengan selalu menjaga konsistensi antara kata dan perbuatan, serta tidak tergoda oleh kekuasaan atau kepentingan pribadi yang dapat merusak integritas.

Penerapan ajaran KGPAA Mangkunegaran IV berhubungan erat dengan perubahan jiwa kepemimpinan seseorang. Perubahan jiwa kepemimpinan ini tidak hanya terkait dengan keterampilan manajerial, tetapi juga melibatkan transformasi dalam sikap dan perilaku seseorang sebagai pemimpin. Pemimpin yang bijaksana akan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara kepentingan pribadi, kepentingan organisasi, dan kepentingan masyarakat luas.

Ajaran KGPAA Mangkunegaran IV yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal sangat relevan dalam konteks perubahan jiwa kepemimpinan. Kearifan lokal yang dimaksud di sini adalah bagaimana seorang pemimpin harus mampu menyelaraskan kebijakan dan tindakan dengan nilai-nilai budaya yang berlaku dalam masyarakat. Pemimpin yang mengintegrasikan ajaran ini dalam dirinya akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, karena mereka merasa dihormati dan diperhatikan.

Salah satu prinsip penting dalam ajaran KGPAA Mangkunegaran IV adalah kepemimpinan yang berfokus pada pelayanan kepada rakyat. Pemimpin sejati harus mementingkan kesejahteraan rakyatnya lebih dari kepentingan pribadi atau kelompok. Ajaran ini sangat relevan dalam dunia kepemimpinan saat ini, di mana banyak pemimpin yang terjebak dalam keserakahan dan kekuasaan.

Untuk menerapkan ajaran ini, seorang pemimpin perlu mengembangkan sikap empati yang tinggi terhadap kondisi rakyatnya. Dengan memahami kebutuhan dan kesulitan masyarakat, seorang pemimpin dapat mengambil keputusan yang bijaksana dan tepat sasaran. Pemimpin yang berorientasi pada pelayanan rakyat akan lebih mudah menjalin hubungan yang baik dengan bawahannya, serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

Kepemimpinan yang penuh kasih sayang adalah salah satu ajaran penting dari KGPAA Mangkunegaran IV. Seorang pemimpin yang penuh kasih sayang akan selalu memperhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain, bukan hanya dirinya sendiri. Kasih sayang ini akan tercermin dalam sikap peduli terhadap orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam hal pekerjaan, kehidupan pribadi, maupun kebutuhan emosional mereka.

Dalam dunia kerja modern, penerapan ajaran ini bisa dilakukan dengan cara memperlakukan setiap individu dengan adil dan penuh penghargaan. Pemimpin yang penuh kasih sayang tidak hanya menuntut hasil, tetapi juga memberikan dukungan moral dan psikologis kepada bawahannya. Hal ini dapat menciptakan rasa kepercayaan dan loyalitas yang tinggi dari anggota tim atau organisasi.

KGPAA Mangkunegaran IV sangat menghargai pentingnya pendidikan sepanjang hayat. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang terus belajar, baik melalui pendidikan formal maupun pengalaman hidup. Ajaran ini mengingatkan pemimpin untuk tidak pernah merasa puas dengan pengetahuan yang dimiliki, tetapi selalu mencari cara untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kepemimpinannya.

Dalam hal ini, pemimpin modern yang ingin mengintegrasikan ajaran Mangkunegaran IV dapat melakukannya dengan selalu berusaha meningkatkan diri melalui pelatihan, membaca buku, berdiskusi dengan orang lain, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat memperkaya wawasan dan pengalaman. Dengan demikian, pemimpin akan lebih siap menghadapi tantangan yang terus berkembang dalam kehidupan dan dunia kerja.

 

Penutup

Kebatinan Mangkunegaran IV memberikan kontribusi penting dalam pencegahan korupsi dan transformasi diri dengan merujuk pada nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Serat Paramayoga, Serat Tripama, Serat Wedhatama, dan Serat Salokatama. Serat Paramayoga menekankan pentingnya pengendalian hawa nafsu dan kesadaran diri sebagai landasan moral untuk mencapai harmoni batin, sebuah prinsip yang relevan dalam membangun integritas pribadi.

Serat Tripama merupakan karya sastra Jawa yang sarat dengan nilai-nilai luhur seperti kepahlawanan, kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan, yang relevan untuk membentuk karakter seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Dalam konteks pencegahan korupsi, ajaran Serat Tripama memiliki peran penting sebagai panduan etis dan moral.

Sementara itu, Serat Wedhatama menggarisbawahi pentingnya ilmu dan kebijaksanaan sebagai pedoman hidup yang menuntun seseorang untuk tetap teguh pada jalan kebenaran, terutama dalam menghadapi godaan materi dan kekuasaan. ajaran ini sangat relevan. Korupsi sering terjadi ketika individu tergoda oleh keuntungan materi yang mengabaikan moralitas, atau ketika kekuasaan digunakan secara tidak etis demi kepentingan pribadi. 

Selain itu, Serat Salokatama menekankan harmoni antara manusia, Tuhan, sesama, dan alam sebagai wujud pengabdian sejati yang melampaui kepentingan individu. Ajaran-ajaran ini saling melengkapi, memberikan fondasi spiritual dan moral yang kuat untuk menciptakan pemimpin yang mampu mengendalikan diri dan menanamkan budaya anti-korupsi. 

Terakhir, Serat Paramayoga mengajarkan pentingnya pengendalian diri, kebijaksanaan, dan harmoni dalam kehidupan, yang menjadi dasar pembentukan karakter pemimpin berintegritas. Serat ini menegaskan bahwa kemampuan memimpin orang lain harus dimulai dari keberhasilan memimpin diri sendiri. Dengan mengintegrasikan ajaran ini ke dalam kehidupan sehari-hari, individu dan masyarakat dapat bersama-sama membangun tata kelola yang bersih, etis, dan berkelanjutan, demi kemajuan bangsa yang berkeadilan dan bermartabat.

DAFTAR PUSTAKA 

Birsyada, M. I., Wasino, Suyahmo, & Joebagio, H. (2016, February 26). Pemikiran Kewiraisahaan Keluarga Mangkunegaran. Paramita: Historical Studies Journal, 180. Retrieved from Paramita: Historical Studies Journal.

Dr. Kukuh Lukiyanto, S., MM, & MT. (2016). Mandor: Model Kepemimpinan Tradisional Jawa pada Proyek Konstruksi Era Modern. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Javanologi. (2019, Desember 31). Ajaran Luhur dalam Sastra Klasik "Serat Tripama" Karya K.G.P.A.A. Mangkunegaran IV. Retrieved from PUI Javanologi: Kajian Tradisi Jawa: https://javanologi.uns.ac.id/2019/12/31/ajaran-luhur-dalam-sastra-klasik-serat-tripama-karya-k-g-p-a-a-mangkunagara-iv/

Rudianto, E. (2024, April 18). Harlah PMII 64, Menelisik Gagasan Kepemimpinan ala Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IV. Retrieved from Jatim Satu News: Mengorbankan Kebenaran dengan Kebaikan: https://www.jatimsatunews.com/2024/04/harlah-pmii-64-menelisik-gagasan.html

Susilantini, D. E., Mumfangati, D. T., & Suyami, D. (1997). Konsep Sentral Kepengarangan KGPAA Mangkunegara IV. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan RI.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun