Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Freelance Writer, Praktisi PR di berbagai organisasi internasional (1990-2011) Twitter: @IndriaSalim IG: @myworkingphotos fb @indriasalim

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kini Era Digital, Manfaatkan BPJS Kesehatan Layanan Telepon

23 Februari 2018   16:12 Diperbarui: 23 Februari 2018   20:36 1145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kabiro Humas BPJS Kesehatan | Foto: Indria Salim

BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Serba Praktis

Tidak dipungkiri bahwa masih banyak penduduk Indonesia belum menjadi peserta program BPJS Kesehatan-JKN. Hal pertama yang menjadi alasan mereka adalah soal pendaftaran. Banyak yang berpikiran bahwa untuk mendaftar, mereka harus menyediakan waktu khusus agar dapat melakukannya dengan mengunjungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan, membayangkan waktu dan kesabaran harus mengantre panjang. Itu baru langkah awal agar dapat menikmati layanan asuransi kesehatan.

Fakta berdasarkan survey menunjukkan masih banyak orang melakukan pendaftaran BPJS langsung ke Kantor Cabang, dengan kata lain -- Kantor Cabang BPJS Kesehatan sampai saat ini menduduki peringkat teratas sebagai kanal pilihan masyarakat dalam melakukan pendaftaran JKN-KIS.

Sesungguhnya saat ini BPJS Kesehatan memberikan opsi lain yang lebih praktis, efisien, dan memudahkan masyarakat, khususnya pengguna gawai untuk melakukan pendaftaran cukup melalui aplikasi layanan telepon BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Sebagai ilustrasi dalam keseharian, saya berbincang dengan beberapa orang yang salah satunya bekerja sebagai manajer HRD di sebuah perusahaan swasta. Sedikit ironis bahwa perusahaan ini bidang usahanya adalah digital service. Begitu saya tanya soal BPJS Kesehatan Care Center 1500400, dia mengaku bahwa belum semua karyawan di perusahaannya tampak memanfaatkan layanan ini. 

Boleh dikatakan bahwa semua karyawan dari tingkat bawah sampai level atas sudah didaftarkan sebagai Peserta BPJS Kesehatan. Namun begitu dalam praktiknya, lebih sering karyawan tersebut menghubungi kantor bila ada kendala atau hal-hal yang perlu diketahui tentang layanan BPJS Kesehatan alih-alih melakukan usaha mandiri dengan memakai BPJS Kesehatan Care Center online, ataupun menelepon ke BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Lagi pula,  sebenarnya masyarakat juga bisa mendaftar melalui opsi lain yang praktis, antara lain website BPJS Kesehatan di sini, Mobile JKN, atau Kader JKN.

"Semua masih dijalankan secara manual, meskipun dalam hal ini karyawan menikmati layanan yang lancar sebagai Peserta," kata teman saya.

Ditambahkan oleh teman saya ini, bahwa seluruh keluarganya baik yang tinggal satu kota maupun yang ada di luar kota pun menjadi Peserta BPJS Kesehatan dan benar-benar menikmati manfaatnya, walau mereka belum pernah mencoba Care Center 1500400. Kebetulan sebagian besar keluarganya tinggal di Yogyakarta, dan mungkin sistem layanan BPJS Kesehatan dan koordinasinya dengan Faskes di kota ini cukup sempurna sehingga Peserta Kesehatan seperti famili teman saya itu nyaris tidak pernah mengalami masalah.

Petugas Di balik layanan Customer Care 1500400 muda, melek IT dan responsif |Foto: Indria Salim
Petugas Di balik layanan Customer Care 1500400 muda, melek IT dan responsif |Foto: Indria Salim
Charles Bonar Sirait (Public Figure) dalam sebuah acara bincang-bincang tentang Care Center 1500400 menyatakan keheranannya bahwa puluhan atau ratusan juta pengguna gawai di Indonesia tidak memanfaatkan melainkan datang ke lokasi layanan Care Center. Menurut Charles, dia sendiri sudah Sayang, kan, kalau adanya layanan praktis termasuk Care Center 1500400 tidak yang merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diupayakan oleh BPJS Kesehatan.

"banyak yang pakai telepon pintar tapi masih melakukan beberapa eksplorasi opsi Layanan Care Center, misalnya dari Care Center 1500400, yang menurutnya merupakan peningkatan kemudahan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan kebutuhan era teknologi digital. Ini terlebih juga bermanfaat bagi calon Peserta dan Peserta mandiri, yaitu mereka yang iurannya membayar dari kocek sendiri.

Perlu kita ketahui bahwa Care Center 1500400 itu tidak hanya berguna untuk mendapatkan informasi dan melakukan pengaduan, namun juga dalam melakukan pendaftaran, permintaan perpindahan alamat, memuat fitur pendaftaran, namun ada sekitar 10 fitur yang layak dimanfaatkan, yaitu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun