Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Hadirnya Vespa Gembel di Tengah Kebangkitan Vespa di Bali

21 Oktober 2023   10:28 Diperbarui: 22 Oktober 2023   06:28 439
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vespa Modifikasi Yang Banyak Ditemukan Di Jalan | Sumber The Guardian

Vespa telah menjadi kendaraan populer di tahun 1980-an hingga 1990-an. Vespa klasik memiliki beragam daya tarik mulai bentuknya yang unik, mesin 2-tak yang sederhana, tahan banting dan sudah memiliki komunitas vespa. 

Sebenarnya awal tahun 2000-an, kehadiran Vespa di tanah air sempat tergusur dengan motor bebek maupun motor matic. Dealer vespa pun sangat jarang hingga membuat banyak masyarakat merindukan kenangan motor Vespa. 

Saya melihat 10 tahun terakhir, Vespa mulai bangkit dan bahkan menjadi cikal lahirnya desain motor baru yang terinspirasi dari Vespa. Bahkan tidak sedikit perusahaan otomotif mendesain vespa matic yang membuat pengguna kian beralih. 

Sebut saja hadirnya Kymco Like 150i,Sym Attila Venus, Honda Scoopy, Yamaha Fino semakin mewarnai tren vespa di tanah air. Di sekitar saya pun sudah banyak masyarakat yang memiliki motor dengan desain Vespa. 

Saya personal baru sekali mengendarai Vespa klasik. Itu pun secara tidak sengaja karena vespa teman kuliah mogok dan saya membantu mengendarai sedangkan teman menggunakan motor saya untuk mendorong. Terasa berbeda karena saya belum terbiasa mengendarai vespa. 

Tahun lalu sempat ada kegiatan Vespa World Day 2022 di Nusa Dua Bali. Kegiatan ini dihadiri pecinta vespa baik dalam negeri hingga luar negeri. Saya melihat sendiri selama beberapa hari, banyak pengendara vespa berlalu lalang. 

Saya pun sempat ke Pantai Pandawa dan di sana menjadi salah satu titik lokasi acara Vespa World Day. Rasa kagum karena komunitas membawa bendera maupun spanduk identitas. Saya sekilas membaca ada yang berasal dari Cirebon, Malang, Tangerang, Medan, Malaysia, Filipina hingga Australia. 

Di Bali pun motor desain vespa pun cukup diminati. Saya kerap melihat pengguna yang mengendarai motor dengan desain Vespa modern. Bahkan jika ingin menyewa motor, pemilik motor kerap menawarkan beberapa tipe dan merk motor termasuk jenis Vespa.

Pengendara Vespa Di Kalangan Anak Muda | Sumber Tribunnews.com
Pengendara Vespa Di Kalangan Anak Muda | Sumber Tribunnews.com

Secara umum, pengendara vespa memiliki jaringan komunitas luas dan solid. Diantara beragam komunitas Vespa yang hadir, saya tertarik dengan Vespa "Gembel". Saya kurang paham istilah tren yang menjelaskan komunitas ini namun kerapkali masyarakat menyebut komunitas Vespa modifikasi yang kerap dihiasi sampah botol, plastik dan spanduk sebagai Vespa Gembel. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun