Mohon tunggu...
Indra Holiyono
Indra Holiyono Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang pemimpi yang sedang mewujudkan mimpinya

Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan dan proses perubahan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

1000 Tahun Lagi Tulang Manusia Akan Berubah

29 Oktober 2017   23:16 Diperbarui: 29 Oktober 2017   23:37 1644
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

          Manusia pada dasarnya diciptakan sebagai mahluk yang sempurna. Kita telah melewati berbagai perubahan yang sangat drastis dibandingkan dengan nenek moyang pendahulu manusia. Pertanyaannya sekarang apakah manusia masih dapat berubah? jawabannya adalah iya.  Perubahan itu terjadi sebagai naluri dan insting alami mahluk hidup untuk mempertahankan hidupnya dan meneruskannya ke generasi selanjutnya. Tentunya, perubahan yang paling mendasar dari manusia adalah sistem gerak yang semakin adaptif terhadap lingkungan. Hal ini mendasar karena sistem gerak sendiri selain berfungsi sebagai alat gerak pasif juga menjadi pelindung sekaligus penyokong utama tubuh manusia dari berbagai gangguan yang ada. D

i balik fakta tersebut, muncul sebuah pertanyaan besar mengenai sistem gerak, apakah sistem gerak yang tidak memiliki fungsi dapat mengalami rudimentasi? Sebelumya, istilah rudimentasi sama artinya dengan mengalami degenerasi atau reduksi. Lebih umumnya lagi, istilah ini mempunyai makna menghilang pada keturunan-keturunan berikutnya. Kembali pada pertanyaan, berdasarkan kajian dan penelitian yang lebih mendalam ternyata hal ini sangat mungkin terjadi pada sistem rangka tubuh manusia. Kita akan membahas alasannya satu-persatu dengan detail.

           Pertama, hal ini mungkin berdasarkan teori evolusi yang dikemukakan Charles Robert  Darwin. Charles darwin merupakan seorang peneliti biologi yang hidup pada tahun 1809-1882. Ia terkenal dengan bukunya yang berjudul "the origin of speies". Di dalam buku itu, dibahas proses bagaimana manusia dapat mengalami evolusi dari waktu ke waktu. Pada saat darwin  berusia 22 tahun, ia masuk dalam ekspedisi pelayaran dari Inggris dengan menggunakan kapal HMS Beagle tepatnya pada bulan Desember 1831. Tujuan utama dari pelayaran tersebut adalah untuk memetakan pesisir pantai Amerika Selatan yang masih belum jelas. 

Sementara awak kapal terus melakukan kegiatan dengan maksud tujuan tersebut, Darwin turun dari kapal dan mengamati berbagai fauna serta flora yang tinggal di habitat yang berbeda seperti hutan brazil, bentangan padang rumput Argentina, daratan terpencil Tierra del Fuego dekat Argentina, dan pegunungan Andes. 

Darwin menyadari bahwa fauna dan flora di benua tersebut memiliki ciri khas khusus sebagai karakteristik Amerika Selatan, dan sangat berbeda dibandingkan dengan Eropa. Tetapi fauna dan flora yang paling mencengangkan Darwin adalah di kepulauan Galapagos, kepulauan vulkanik yang berada di ekuator sekitar 900 km ke arah barat dari pesisir Amerika Selatan. Diduga awalnya fauna dan flora di kepulauan Galapagos sama dengan benua Amerika Selatan pada umumnya, namun telah mengalami difersifikasi yang disesuaikan dengan kondisi geografis di sana. 

Beberapa fauna tersebut adalah iguana laut dan burung finch. Meskipun jenis burung finch tersebut agak mirip tetapi terlihat merupakan spesies yang berbeda. Perbedaan utama pada tiap burung finch adalah bentuk paruhnya yang merupakan hasil dari adaptasi yang bergantung dengan makanannya masing-masing. Kelompok burung finch yang hidup di tanah memiliki paruh yang besar untuk memecahkan biji, beberapa termodifikasi untuk menangkap serangga, kelompok burung finch yang menggunakan ranting kecil atau duri kaktus sebagai alat untuk mengorek semut atau serangga lainnya. 

Dari teori evolusi yang dituliskan oleh charles Darwin, setiap organisme dapat berevolusi menjadi lebih adaptif terhadap lingkungannya sendiri. Begitu juga dengan manusia. Jika ada anggota kerangka tulang yang tidak memiliki fungsi apa-apa, maka kecenderungan tubuh manusia untuk meniadakan anggota tubuh tersebut dengan maksud supaya lebih efisien dan adaptif lagi dengan lingkungan. Peristiwa degenerasi dari anggota tubuh yang disebabkan evolusi dari satu generasi ke generasi lainnya biasanya disebut sebagai evolusi netral.

         Kedua, rangka tubuh manusia memang sudah berubah secara bertahap dari awal manusia purba ada sampai sekarang. Pada jaman dahulu di era paleolitikum (batu tua) manusia purba sudah ada dan hidup berkelompok di sekitar aliran sungai, gua, atau di atas pohon. Mereka mengandalkan makanan dari alam dengan cara mengumpulkan (food gathering) serta berburu. Oleh karena itu, manusia purba pada jaman itu bersifat nomaden atau berpindah-pindah. Di Indonesia manusia purba yang hidup pada jaman ini adalah Pithecanthropus erectus, Pithecanthropus robustus, Meganthropus paleojavanicus, serta beberapa homo (manusia) yaitu Homo soloensis dan Homo wajakensis. 

Sebagian besar dari manusia pada jaman tersebut memiliki struktur rangka yang unik, contohnya rahang yang besar untuk mengunyah makanan, dahi yang lebar, tulang lengan yang besar dan kuat, tonjolan yang tajam di belakang kepala, serta tidak berdagu. Tentu saja semua ciri-ciri khas milik manusia purba ini sangatlah bertolak belakang dengan kondisi manusia sekarang (Homo sapiens). Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa manusia terus mengalami evolusi dari waktu ke waktu, baik dengan cara menghilangkan beberapa rangka yang sudah ada maupun dengan menumbuhkan ranga tulang yang dulunya tidak ada.

          Ketiga, sel-sel pembentuk sel tulang dapat mengalami mutasi genetik. Setiap sel pasti memiliki materi genetik yaitu DNA sebagai pembawa sifat untuk generasi berikutnya. DNA atau singkatan dari deoxyribonukleat acid (asam nukleat) merupakan suatu senyawa protein yang menyusun kromosom kita. DNA berbentuk heliks ganda dan tersusun dari basa-basa nitrogen yaitu adenin yang berikatan dengan timin dan cytosin yang berikatan dengan guanin. DNA kita dapat mengalami mutasi.

          Menurut www.wikipedia.com, "Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA mauoun RNA), baik pada taraf urutan gen yang disebut mutasi titik maupun pada taraf mutasi kromosom yang disebut aberasi."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun