Mohon tunggu...
Indovoiceover
Indovoiceover Mohon Tunggu... Tutor - www.indovoiceover.com

Indovoiceover is a voice-over agency established in 2014 and has quickly become one of the Indonesia’s leading agencies. Indovoiceover are affiliate with www.waiwaistudio.com as a sister company who already established and well known for audio post production quality with many clients around the globe. We have a wide range of talents from deep corporate sound to amazing film trailers voices. Now we are here bringing you a new product who focused in voices with new team, spirit and same passion as dedicated to voices business. If you are voice actors or voice over talents would like to enter the market place, send us a voices demo.

Selanjutnya

Tutup

Money

Fungsi Utama Voice Over Dalam Iklan

20 Februari 2019   17:42 Diperbarui: 8 Mei 2019   11:48 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebuah iklan mempunyai fungsi untuk mempromosikan sebuah barang, jasa atau bisnis lainnya. Iklan yang baik haruslah bisa menarik audiens atau meningkatkan rasa ketertarikan audiens terhadap apa yang dipromosikan. Dalam sebuah iklan, si pembuat iklan mempunyai kebebasan berekspresi seluas-luasnya dalam mendesain iklan tersebut.

Wujud iklan dapat dalam berbagai bentuk. Bentuk iklan yang dirasa paling efektif adalah yang mampu menggambarkan sebuah suasana atau peristiwa yang bersifat persuasif. Tidak hanya sebatas tampilan gambar yang mampu melekat dalam otak tetapi juga harus mampu menyentuh hati audiensnya. Penambahan Voice Over dalam sebuah iklan mampu meningkatkan level iklan tersebut, dari hanya sekedar menarik menjadi penuh makna.

Dengan adanya Voice Over dalam sebuah iklan, penyampaian pesan yang dilakukan akan lebih efektif. Pesan yang efektif dan tepat akan tersampaikan kepada konsumen yang tepat juga.

Pemilihan karakter suara talent pengisi Voice Over harus dilakukan dengan teliti. Apabila karakter suara yang dipilih tidak sesuai dengan karakter produk atau iklan, akan terjadi ketimpangan dalam iklan tersebut. Sebagai contoh, ada sebuah iklan tentang produk A. Iklan tersebut menampilkan sebuah taman hiburan yang nuansanya riang. Namun ternyata Voice Over dalam iklan tersebut berkarakter berat, rendah dan dewasa. Walaupun pembawaan bicaranya ceria, tetap saja akan terasa aneh. Seharusnya memakai karakter suara yang muda, casual dan tidak terlalu ringan.  Dan dampak dari pemilihan karakter suara yang salah mengakibatkan value iklan tersebut menjadi turun di mata audiens.

Source : Naikkan Nilai Produkmu Dengan Sebuah VoiceOver

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun