Seringkali ketika kampanye pemilu kita menemukan sejumlah artribut dengan latar belakang warna yang beragaman,Ternyata warna yang menjadi latar tersebut memiliki makna tertentu dalam persepektif komunikasi. Kredo komunikasi menyatakan bahwa simbol atau kata tidak pernah punya arti atau makna. Manusialah yang memberinya arti (word has no mean, man give its mean). Demikian pula dengan arti atau makna warna. Setiap warna mempunyai arti tersendiri bagi manusia. Sekalipun bagi sejumlah orang, warna tertentu memiliki arti khususu sesuai kesepakatan diantara mereka, tetapi tidak mustahil arti warna yang sama bagi sejumlah orang lain akan tetap sama (Ali, 1999:147). Komunikasi warna (colour communication) pun dipelajari khusus oleh para ahli komunikasi, sebagai contoh, orang barat ketika merugi mereka akan bilang: "we are in red" (merah) atau jika mereka beruntung, mereka akan bilang: "we are in black" (hitam). Kalau sedang susah akan bilang: "we are blue" (biru) dan sehat "pink". Seandainya iri hati maka digunakan kata "green with envy"
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI