SURABAYA — Pekerjaan bisa berawal dari mana saja. Salah satunya yakni dari hobi yang kini menjadi profesi. Benih-benih ketertarikannya pada dunia make up telah muncul sejak ia menduduki bangku 1 SMP, berawal dari hobi memainkan alat make up-nya dan ikut private class yang ternyata dirasa tidak membebani dan justru berujung enjoy.Â
Berkat keseriusannya dalam menekuni hobinya, kini Ananda Savitri (19), mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, telah menjadi seorang Make Up Artist (MUA) Profesional. Karirnya untuk menjadi seorang make up artist profesional berawal dari usianya yang sudah menginjak 15 tahun. Gadis berusia 18 tahun itu menyatakan bahwa menjadi make up artist bukanlah suatu hal yang ia rencanakan, melainkan merupakan sebuah anugerah yang diberikan. Selain untuk kepentingan pribadi, make up artist juga menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan akhirnya hal tersebut kini menjadi pintu rezeki baginya.Â
Tentu tidaklah mudah baginya untuk menjadi seorang make up artist. Menurut Ananda, memiliki time management yang baik dan terstruktur juga sangatlah penting, karena kini ia masih duduk di bangku perkuliahan. Baginya membagi waktu antara pekerjaan dengan jadwal perkuliahan tergolong lebih mudah dibanding saat ia masih menjadi seorang pelajar. Saat menjadi seorang pelajar, ia hanya bisa meluangkan waktu pada hari Sabtu dan Minggu saja untuk membuat konten video dan mengambil job sebagai make up artist. Hal tersebut dikarenakan setiap hari Senin hingga Jumat adalah kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagai seorang pelajar. Â
Tak sedikit lika-liku yang dihadapi Ananda sebagai seorang make up artist profesional. Demi mencapai titik suksesnya saat ini, Ananda berhasil membangun personal brandingnya. Baginya, memaksimalkan platform digital seperti media sosial Instagram, TikTok, dan lain sebagainya dapat meningkatkan insights. Ananda menjelaskan bahwa insights mulai meningkat ketika ia mulai mengunggah portofolio, Instagram reels dan story, serta memberikan promo. Tak hanya itu, kreativitasnya dalam membuat konten video TikTok juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan insights dan audiens menjadi sangat pesat. Hal tersebut tentunya juga berdampak pada akun Instagram make upnya, @anandatheglam.Â
Gadis berusia 19 tahun itu memiliki persepsi bahwa penting bagi kita untuk selalu up-to-date dengan tren yang sedang marak. Pentingnya brainstorming agar hasil dari skills pengaplikasian make up dan karir sebagai make up artist dapat tetap meningkat. Berani mencoba dan mengikuti tren yang baik dan cocok di bidang kita, juga sangat memungkinkan bagi kita agar dapat menjadi pencetus tren.
Semangat remaja ini untuk terus belajar dan berinovasi dapat menjadi motivasi bagi remaja sebaya. Menjadi remaja kreatif dan produktif yang berawal dari hobi hingga menjadi sumber mata pencaharian tentu patut untuk dicontoh.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H