Mohon tunggu...
Indira Juhati Fatimah
Indira Juhati Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Penerima Beasiswa Kemendikbud 2020 Institut Pariwisata Trisakti

Hospitality Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Gebrakan Mahasiswa Mengembangkan Desa Wisata

12 Februari 2024   01:30 Diperbarui: 12 Februari 2024   01:30 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Arsip pribadi.

Di tengah tuntutan untuk melestarikan budaya lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, gerakan mahasiswa telah memainkan peran yang signifikan dalam mengembangkan desa wisata di Indonesia. Dengan GEBRAKAN MAHASISWA dalam MENGEMBANGKAN DESA WISATA dipadukan oleh semangat kreativitas, kepedulian sosial, dan energi yang tak terbatas, mahasiswa telah menjadi agen perubahan yang penting dalam memajukan pariwisata berkelanjutan seperti merangkul kekayaan budaya lokal, meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan, serta menginspirasi perubahan positif dalam dunia pariwisata.

Artikel ini akan membongkar peran aktif gerakan mahasiswa dalam merancang dan mengembangkan desa wisata, mari kita bahas:

Keterlibatan dalam Pengembangan Infrastruktur Wisata.

Mahasiswa berperan aktif dalam mengembangkan infrastruktur wisata desa, seperti membangun jalur hiking, homestay, fasilitas sanitasi, dan pusat informasi wisata. Melalui kerja sama dengan pemerintah setempat dan masyarakat lokal, mereka meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi para wisatawan. Sehingga para wisatawan akan berpikir untuk datang kembali dan merekomendasikan desa wisata tersebut ke orang lain.

Program Pendidikan dan Pelatihan.

Mahasiswa juga aktif mengadakan program pendidikan dan pelatihan di desa wisata, seperti manajemen homestay, pengembangan kerajinan, pembuatan oleh-oleh khas, perawatan fasilitas wisata, menjalankan promosi dan manajemen wisata. Mahasiswa membekali masyarakat lokal dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan destinasi wisata secara berkelanjutan.

Sumber gambar : Arsip pribadi.
Sumber gambar : Arsip pribadi.

Promosi dan Pemasaran.

Adapun dengan memanfaatkan media sosial, mahasiswa membuat situs web, dan pemasaran kreatif, untuk mempromosikan desa wisata. Mahasiswa menciptakan konten menarik, seperti video promosi, blog perjalanan, dan peta interaktif, untuk meningkatkan visibilitas destinasi dan menarik perhatian calon wisatawan potensial.

Program Kemitraan dan Pengembangan Komunitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun