Mohon tunggu...
Indah SeptiPratiwi
Indah SeptiPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWI

Mahasiswa S2 Universitas Dr. SOetomo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fenomena Sosial Sebagai Salah Satu Karakteristik Bahasa Dalam Pengantar Artikel Pendidikan Karya Tri Budhi Sastrio

7 April 2022   12:25 Diperbarui: 7 April 2022   12:38 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada pertemuan pertama kuliah daring mata kuliah Teori Bahasa Lanjut, dijelaskan bahwasannya Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrar yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan bermakna yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bekerjasama, berkomunikasi atau berinteraksi. Salah satu karakteristik dari bahasa adalah sebuah fenomena sosial yang tidak dapat terpisah dari kebudayaan.

Dalam pengantar artikel pendidikan karya Tri Budhi Sastrio, diuraikan salah satu fenomena sosial yakni gelombang globalisasi. Dalam prosesnya, sejumlah penggagas mengungkapkan ide dan meyakini bahwasannya motor pendorong laju gelombang globalisasi ada empat yang kemudian lebih populer disebut sebagai "4-1". 'I' yang pertama adalah 'Investasi', 'I' yang kedua 'Industri', 'I' yang ketiga 'Informasi' dan 'I' yang keempat 'Individu'.

Dari pengantar artikel pendidikan karya Tri Budhi Sastrio, catatan untuk filsafat pendidikan bahasa tentang pendidikan abad 21 yang merupakan era Learning Society atau Masyarakat Pembelajar, kita dapat membuka mata bahwasannya semakin kesini dosen dan guru dituntut untuk mengikuti arus perubahan dengan mampu menyampaikan topik pembelajaran dalam bentuk animasi, film, ataupun permainan yang lumrah diminati peserta didik.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwasannya pengantar artikel pendidikan bahasa merupakan BAHASA, merujuk pada karakteristik yang dimiliki oleh bahasa. Yang disampaikan dan dibagikan untuk dapat diketahui oleh banyak orang. Dalam hal ini, saya berpendapat bahwasannya materi teori bahasa lanjut adalah dasar untuk kita menganalisis artikel yang diberikan pada mata kuliah filsafat pendidikan bahasa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun