Siang kemarin, Rabu 7 Agustus 2024, sebuah paket datang ke rumah. Rupanya buku pesanan, berupa buku anak yang berisi cerita dan lembar aktivitas berbasis STEAM - sudah datang. Â Buku ini merupakan terbitan dari WIN Publishing, sebuah penerbitan yang didirikan oleh seorang penulis, Ririn Astuti.Â
Selain WIN publishing, Ririn juga adalah pendiri komunitas WIN (Wong Indonesia Nulis). WIN adalah sebuah komunitas berisikan penulis-penulis pemula maupun penulis senior. WIN menyelenggarakan berbagai kelas menulis online untuk penulis pemula maupun senior, dan memberi peluang pada anggotanya untuk menerbitkan buku di penerbit-penerbit besar.
Jadi, buku "Cerita dan Aktivitas Berbasis STEAM" merupakan buku hasil seleksi sebuah kelas menulis. Seleksinya tepat satu tahun lalu yaitu Agustus 2023. Waktu itu lagi musim orang menulis tentang STEAM dan saya tertarik untuk mengetahuinya. Saya mendaftar kelas seleksi buku, lalu mendapat tugas menulis satu naskah pendek dengan unsur STEAM Matematika.Â
Kebetulan yang terbayang dalam pikiran saya langsung donat. Entah mengapa demikian. Saya membayangkan seorang anak marmot gendut yang suka gabut dan bosan, lalu dia diajak mamanya membuat donat dan ia membuat donat segitiga alih-alih membuat donat konvensional yang bulat dan bolong di tengah. Jadilah naskah berjudul "Mimi Marmot dan Donat Segitiga."
Saya juga diminta membuat 2 deskripsi gambar untuk lembar aktivitas yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Saya segera menyusun naskah dan membuat deskripsi gambar dan menyerahkan tugas tersebut. Beberapa hari kemudian, saya mendapat kabar bahwa naskah saya lolos tanpa revisi.
Tinggal perjuangan menanti proses cetak yang ternyata memakan waktu cukup lama, hampir setahun! Naskah buku ini sempat ganti kover, lalu mengalami berbagai hambatan teknis, hingga akhirnya bukunya bisa saya timang-timang dan baca sendiri.
Perjuangan penulis mulai dari menyusun naskah hingga buku cetak lalu memperoleh bukti terbit kadang sangat lama. Setahun masih masuk kategori cepat, karena ada pula buku yang baru terbit 2-3 tahun setelah dikirim ke penerbit. Apalagi kalau ke penerbit mayor yang antrean terbitnya mengular.Â
Makanya penulis apalagi yang menggantungkan kehidupannya hanya dari menulis, biasanya memiliki rumus: tak usah nunggu proses sebuah buku hingga buku itu terbit. Melainkan, setelah buku  disetor ke penerbit, penulis harus mulai menulis naskah baru. Sehingga ia selalu memiliki tabungan naskah dan kapanpun bisa mencari nafkah melalui menulis.
Buku "Cerita dan Aktivitas Berbasis STEAM", terdiri dari 42 cerita pendek, dan tebalnya 91 halaman. Penulis yang tergabung dalam antologi ini sangat beragam mulai dari ASN, guru, hingga ibu rumah tangga.
Akhirul kata, selamat berbahagia semua. Buku ini cocok untuk dibaca anak-anak usia SD. Dapat menjadi alternatif teman bermain dan belajar yang menyenangkan. Salam literasi.