Mohon tunggu...
Petani Millenial
Petani Millenial Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Public Relations

In a world of worriers, be the warrior

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Terlalu Baik Hati Berpotensi Dimanfaatkan Rekan Kerja

19 Januari 2018   16:28 Diperbarui: 20 Januari 2018   20:35 1623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Terlalu baik kepada rekan kerja. (Freepik.com)

Memiliki sikap profesional di tempat kerja sangat penting bagi karyawan karena dapat membantu lebih diperhatikan dan menjadi aset seorang atasan. Profesional bukan berarti baik dengan rekan kerja yang lain. Profesional berarti semua pekerjaan yang anda lakukan selesai dengan tepat waktu dan benar.

Pada lingkungan kerja, berlaku sangat baik kepada rekan kerja bukan berarti profesional karena akan merugikan diri sendiri ataupun perusahaan tempat kita bekerja. Perbedaan antara baik dan terlalu baik adalah Anda memiliki interpersonal yang baik di mana Anda paham batasan yang berlaku. Sedangkan berlaku terlalu baik adalah Anda berusaha menyenangkan orang lain agar Anda terlihat baik sehingga mereka nyaman.

Berikut alasan mengapa Anda tidak perlu berlaku terlalu baik di kantor.

1. Kerja menghasilkan karya

Ilustrasi: Kerja memiliki karya. (freepik.com)
Ilustrasi: Kerja memiliki karya. (freepik.com)
Dunia kerja adalah panggung di mana Anda dapat menampilkan seluruh karya yang Anda punya. Bersikaplah sesuai dengan karakter Anda. Jangan diubah untuk menyenangkan rekan kerja. 

Bersainglah secara sehat dengan sesama rekan kerja. Mengapa demikian? Karena atasan memiliki beberapa jajaran bawahan dan masing-masing akan selalu menunjukkan karya terbaiknya sehingga mendapatkan tempat teratas. Bersikap terlalu baik hanya akan membuat Anda dilirik atasan namun tetap tidak akan membantu Anda untuk sukses di dunia kerja.

2. Fokus pada pekerjaan

Ilustrasi: Fokus (Freepik.com)
Ilustrasi: Fokus (Freepik.com)
Dalam suatu perusahaan tentu memiliki pembagian pekerjaan yang jelas dan dapat digambarkan melalui struktur organisasi.

Bersikap terlalu baik bisa jadi suatu saat Anda disuruh untuk melakukan pekerjaan yang bukan menjadi tanggung jawab Anda sehingga membuat Anda tidak bisa menyelesaikan tugas yang seharusnya menjadi fokus pekerjaan Anda. Akhirnya Anda tidak akan disukai atasan dan berakhir dengan disepelekan.

3. Kompetensi lebih penting

Ilustrasi: Wanita berkompeten (Freepik.com)
Ilustrasi: Wanita berkompeten (Freepik.com)
Reputasi baik tidak berlaku di dunia kerja. Yang berlaku adalah sikap profesional. Keprofesionalitasan Anda akan menggambarkan Anda sebagai seseorang yang memiliki reputasi positif dan dapat diandalkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun