Mohon tunggu...
Indah Kresna
Indah Kresna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tim Penulis lia s. Branding and Design

Branding, Design, Education, Copywriting, Creative Industry, Communication, Media, Brand Display, Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Faktor Ini Jadikan E-Commerce Berkembang Pesat, Peluang Untukmu!

3 Juni 2022   12:50 Diperbarui: 3 Juni 2022   13:04 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di masa pandemi ini, e-commerce memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari kita, dan juga aktivitas ekonomi as a whole. e-commerce sendiri merupakan singkatan dari Electronic Commerce.

Mengacu pada aktivitas jual beli produk atau layanan melalui internet; basically bisnis online. Sehingga, orang dapat melakukan aktivitas tersebut tanpa adanya batasan jarak dan ketersediaan yang cenderung region lock apabila toko-nya, toko offline. 

Lebih tepatnya, e-commerce merujuk kepada platform yang menyediakan tempat bagi orang untuk menjual ataupun membeli suatu barang dimanapun mereka berada, apapun itu barangnya, dan kapanpun itu waktunya.

FACTORS RESPONSIBLE FOR THE GROWTH:

1. Penggunaan smartphone dan internet yang semakin meningkat

Platform e-commerce, bentuk paling mudah untuk digunakannya adalah sebagai aplikasi yang dapat di download pada device smartphone. E-commerce, tentu saja, juga memiliki versi website, akan tetapi versi aplikasinya jauh lebih terkenal. 

Dengan meningkatnya pemakaian smartphone, maka akan semakin convenience bagi orang-orang untuk menggunakan aplikasi tersebut. Banyaknya orang-orang yang mager, atau dikarenakan pandemi sehingga mereka harus berada di rumah, membuat aplikasi tersebut menjadi aplikasi belanja favorit muda-mudi masa kini, dan juga sudah banyak dipakai oleh kalangan yang lebih tua.

2. The ease of the payment option

Sekarang ini, banyak sekali opsi-opsi yang bisa kita pilih untuk melakukan transaksi jual-beli. Cashless society, sudah menjadi trend tersendiri terlebih di kota-kota besar Indonesia. 

Metode pembayaran yang aman, cepat, dan simpel ini sangat cocok di sinkronisasi dengan platform e-commerce, ditambah adanya cashback, voucher, dan sejenisnya yang bisa didapatkan apabila melakukan pembayaran dengan metode tertentu pada platform tertentu, membuat opsi ini semakin menarik.

3. Data-centered

Dengan berkembangnya e-commerce, profesi dalam bidang data, seperti Data Analyst, Data Scientist, dan sejenisnya semakin banyak dicari. Of course, if it’s such a popular choice of supply, tentu saja demand-nya juga banyak. 

Hal ini dikarenakan platform e-commerce, yang sebagian besar berada di dalam ranah startup teknologi (dan startup teknologi in general) memang merupakan field yang sangat data-driven. 

Dari data, tentang preferensi konsumen, mereka dapat membuat observasi yang akan berujung ke suatu program yang akan diintegrasi untuk terus meningkatkan jumlah pengguna platform ini. Hal ini bisa muncul dalam bentuk shopping recommendation yang disesuaikan dengan hal-hal apa saja yang pernah kamu cari atau beli sebelumnya.

4. Low cost

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun