Dimungkinkan untuk mendefinisikan pemasaran digital sebagai pemasaran di mana komunikasi didistribusikan melalui media yang mengandalkan teknologi digital. Namun, internet telah muncul sebagai platform teknologi digital terpenting sejauh ini. Karena terjangkau dan efisien, pemasaran digital dipilih sebagai metode peningkatan bisnis. karena siapa pun yang memiliki koneksi internet dapat mengaksesnya dari mana saja. Dengan kemudahan teknologi internet, pelaku usaha dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi tentang keadaan pasar dan dapat terhubung dengan mudah dengan kerabat untuk menambah jaringan di mana saja. Pemasaran digital berbasis internet juga memiliki manfaat membuat komunikasi menjadi lebih sederhana, lebih murah, atau lebih cepat.
Manfaat pemasaran digital untuk UMKM
Internet dan platform online lainnya adalah salah satu model bisnis baru yang ditawarkan zaman modern. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan mempraktekkan rencana pemasaran digital.
1. Promosikan Komunikasi dengan Pelanggan
Anda dapat menghubungi pelanggan kapan saja dan kapan saja Anda ingin online, yang merupakan salah satu keuntungan utama dari strategi pemasaran ini. Berhentilah menggunakan cara-cara tradisional, seperti berjalan-jalan menemui pelanggan.
Anda dapat berkomunikasi dengan klien secara real time melalui saluran online seperti media sosial. Pelanggan juga akan diuntungkan karena tidak perlu mengunjungi situs bisnis mikro, kecil, atau besar Anda.
2. Menekan Biaya Iklan
Kemampuan UKM untuk menurunkan biaya pemasaran adalah keuntungan lain dari pemasaran digital sebagai permulaan. Pencetakan selebaran, spanduk, buklet, dan bahan lainnya pernah digunakan untuk promosi. Dengan menggunakan platform internet, Anda sekarang dapat memotong biaya pemasaran Anda.
3. Bicaralah dengan Lebih Banyak Pelanggan
Manfaat lain dari strategi pemasaran ini adalah memungkinkan usaha mikro, kecil, dan menengah untuk terhubung dengan beragam konsumen. tidak hanya di wilayah tertentu, tetapi seluruh Indonesia serta pasar luar negeri.
Strategi UMKM dalam Digital Marketing
Teknik pemasaran online tampaknya lebih sederhana daripada yang digunakan secara offline. Namun agar pemasaran dapat berfungsi dengan baik dan efektif, ada beberapa taktik yang harus diikuti saat menguasai pemasaran digital. Rencananya adalah sebagai berikut.
1. Promosi media sosial
Kebanyakan orang yang menggunakan internet memiliki profil media sosial di situs-situs seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Manfaatkan peluang ini untuk mengiklankan produk Anda secara online.
2. Membangun website perusahaan
"Senjata" yang efektif untuk mendapatkan kepercayaan klien adalah situs web perusahaan. Tingkatkan SEO website perusahaan Anda. Ini dapat meningkatkan kunjungan dan konversi penjualan.
Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM
menjelaskan mengapa strategi ini sangat penting bagi UKM dan memberikan gambaran bagaimana menerapkannya secara efektif.
1. Meningkatkan hubungan antara pelanggan dan pelaku usaha
Bagian tersulit dalam memulai bisnis adalah membuat konsumen senang atau mendorong mereka untuk melakukan pembelian tambahan. Dilaporkan ada setidaknya 500.000 perusahaan baru didirikan di AS. Karena itu, lebih banyak klien yang hilang dibandingkan 20 hingga 30 tahun sebelumnya. Mengetahui apakah produk Anda cocok untuk mereka atau tidak hanyalah salah satu kunci untuk mempertahankan klien. Namun, pertahankan juga hubungan positif dengan pelanggan Anda.
2. Membantu mengidentifikasi permintaan klien
Memahami keinginan konsumen adalah masalah lain yang sering dihadapi UMKM. Anda dapat menggunakan pemasaran digital secara efektif untuk mengidentifikasi produk sesuai dengan tujuan. Agar lebih mudah membidik pelanggan ideal, digital marketing yang efektif mampu mempelajari kebiasaan pelanggan. Namun, itu tergantung pada riset pasar yang menyeluruh.
UMKM pintar menggunakan alat digital yang dapat menganalisis perilaku klien target mereka daripada membuat asumsi. Alat-alat ini mungkin termasuk SurveyMonkey, SEMrush, Google Analytics, dan Google Search Console. Ketika mereka sedang online, media sosial dan pengikut UMKM mereka juga dapat ditampilkan. Hal ini terlihat dari materi yang populer, postingan yang mengundang komentar, dan topik yang sering ditanyakan. Setelah itu, kembangkan strategi pemasaran berdasarkan temuan studi pelanggan.
3. Menyediakan metode dari berbagai sumber
Punya pelanggan tetapi hanya di satu saluran saat ini? Apakah ini memenuhi kebutuhan produk UMKM? Calon klien sebenarnya bisa berada di mana saja. Jadi hanya menggunakan satu saluran akan berdampak lebih kecil. Misalnya, sekitar 41% konsumen internet Amerika menggunakan Amazon untuk mencari dan membeli produk. Ketika 28% dari mereka berbelanja di Amazon setelah melakukan riset di Google. Hasil SEO persis seperti yang Anda lihat di sini. Pertimbangkan skenario jika SEO tidak ada.
Optimalisasi web untuk situs web UMKM melampaui SEO. Pikirkan tentang bagaimana satu UMKM akan mendapat manfaat dari Facebook, Google, email, dan pemasaran media sosial. Terutama mengingat fakta bahwa setiap pelanggan memiliki preferensi media yang unik. Nilai konversi pasti akan naik, dan ini adalah area di mana pemasaran digital unggul.
4. Memiliki kemampuan bersaing dengan usaha besar
Hal yang menyenangkan tentang pemasaran digital, menurut Ann Smarty, adalah bahwa kepintaran dan inovasi selalu dapat menang melawan dolar pemasaran yang besar. Menurut pernyataan ini, UMKM juga dapat memperoleh manfaat dari bekerja sama dengan bisnis kelas atas yang sudah mapan. Faktanya, ada banyak contoh iklan yang biaya produksinya sedikit tetapi menarik audiens yang cukup besar. Dan harga jual akhir barang yang dijual agak tinggi.
5. Iklan digital lebih hemat biaya
Metode pemasaran konvensional adalah memasang iklan di papan reklame, radio, dan televisi. Dan ada biaya yang lumayan terkait dengan pemasangan iklan ini, terutama untuk UMKM. Saat ini, banyak UMKM yang lebih giat menggunakan digital marketing. Selain itu, beberapa dari mereka meminta saran dari agen digital Indonesia.
6. Memberikan ROI yang lebih terukur
Pemasaran tradisional membuatnya sangat menantang untuk mengevaluasi keefektifannya. Apa yang berhasil, apa yang tidak, dan mengapa. Pemasaran digital, di sisi lain, memiliki cara yang andal untuk menghitung ROI (Pengembalian Investasi). UMKM dapat melakukan investasi minimal di awal dan mendapatkan pengembalian. Baru setelah itu Anda bisa memilih apakah akan melakukan investasi tambahan atau tidak.
Salah satu bidang usaha yang sangat diuntungkan dari strategi pemasaran online adalah usaha mikro, kecil, dan menengah. Oleh karena itu, seluruh pelaku UMKM harus memaksimalkan penggunaan digital marking.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H