Mohon tunggu...
Indah Hartini
Indah Hartini Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga dan seorang guru SD

Indah hartini merupakan seorang ibu rumah tangga dan pendidik. Hobby menulis novel. Buku yg telah diterbitkan "tasbih cinta di langit Moskow" (nourabook), "serpihan cinta hollandia", "karena Allah tak mengizinkan", "sujud hati di ujung subuh", "fabel mimpi obit" (diva press), "bidadari Annisa" (gema insan), "senja di ujung roma", "selendang putih tugu anno" (Kekata publisher), th 2020 juara favorit "menulis surat nasional" (diselenggarakan Funbahasa).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 PPG DALJAB Kategori 1 2022

28 September 2022   15:29 Diperbarui: 28 September 2022   17:46 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN Jatigembol 1 Kedunggalar

Lingkup Pendidikan

Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 pada tema 2 sub tema 3 PB 2

Penulis

INDAH HARTINI

Tanggal

12 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang adalah motivasi belajar siswa kelas 5 pada tema 2 sub tema 3 PB 2 rendah.  Misalnya siswa  malas mengerjakan tugas, saat kerja kelompok hanya sebagian anak yang mengerjakan, sering mengobrol pada saat pembelajaran dan belum berani mengungkapkan pendapat. Apa lagi guru belum menggunakan pembelajaran berbasis IT.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan adalah fasilitas IT yang kurang memadai, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.

Pihak yang terlibat dalam Aksi 2 adalah kepala sekolah, teman sejawat dan siswa kelas 5.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan yaitu mempersiapkan fasilitas yang di butuhkan. Guru menggunakan pembelajaran berbasis proyek, mengunakan media konkrit dan mengkolaborasikan dengan media pembelajaran berbasis IT (video pembelajaran dan PPT).

Proses pelaksanaan Aksi 2 yaitu dengan menyiapkan RPP, bahan ajar, LKPD dan media. Menentukan waktu pelaksanaan aksi 2. Melakukan praktik pembelajaran aksi 2 yang diawali dengan pembiasaan setiap pagi (baris-berbaris dan hafalan perkalian), melakukan pembukaan (absensi, berdoa, menyanyikan lagu nasional, menyampaikan tujuan pembelajaran), melaksanakan pembelajaran sesuai sintak PJBL (Pertanyaan mendasar untuk mengumpulkan informasi dengan menampilkan video pembelajaran dan ppt, mendesain perencanaan produk yang berupa gambar cerita, menetukan jadwal pembuatan gambar cerita yaitu selama 20 menit, memonitor pembuatan gambar cerita, presentasi dan menyusun gambar cerita menjadi sebuah komik, mengevaluasi) dan terakhir penutupan dalam pembelajaran (menarik kesimpulan, menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya dan memotivasi siswa)

Sumber daya yang diperlukan dalam pembelajaran ini adalah:

  • RPP PJBL
  • Bahan ajar yang disesuaikan dengan tema.
  • Pemanfaatan TIK dalam bentuk PPT dan Video.
  • LKPD dalam proses pembelajaran.
  • Soal evaluasi dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.
  • Serta media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Seperti kartu yang berisi kata tanya, papan  menempel gambar cerita dan papan kesimpulan.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

Dampak dari penerapan model PjBL dengan media berbasis TPACK dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa lebih bersemangat dan aktif saat pembelajaran, mereka mampu mengungkapkan pendapatnya tanpa malu, semua siswa juga dapat bekerja dalam kelompok sesuai tingkat kemampuan mereka.

Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlasung, mulai dari  pendahuluan hingga proses pembelajaran selesai.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung  penuh atas kegiatatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan. Karena berdampak besar terhadap motivasi belajar siswa.

 

Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :

Bimbingan dan penguatan Dosen dan Guru Pamong yang memberikan pemahaman tentang pembelajaran inovatif secara mendalam.

Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dan membantu proses dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran.

Link PPL 1 https://youtu.be/MKu8Dace2u8

Link PPL 2 https://youtu.be/r2e4GsrG75U

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun