Perencanaan dengan cara yang tepat itu membuat kegiatan secara berhasil di bantu dengan langkah yang antisipatif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi agar kegiatan tersebut tercapai. Hamzah (2014 : 2).
Evaluasi program pendidikan agama Islam ini bisa di katakan adanya kegiatan yang melakukan rencana dalam proses berlangsung nya belajar - mengajar, diawali dengan cara pretest adalah suatu cara pengetest san terhadap murid sebelum pembelajaran di mulai, tes tengah kegiatan tes yang sedang berlangsung selama pembelajaran (observasi), dan post test kegiatan yang dilakukan setelah adanya proses pembelajaran.
Evaluasi program pembelajaran pendidikan agama Islam di tuntut untuk mengevaluasi secara menyeluruh terhadap peserta didik dari segi pemahaman terhadap materi dan bahan pembelajaran yang di berikan dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Suhari simi, Ari konto (2006 : 117).
Menurut Endang Komara pembelajaran yaitu terjadinya proses interaksi peserta didik dan pendidik dalam lingkungan belajar. Sardiman (2006 : 34), dalam dunia pendidikan, pendidikan agama menjadi bagian nya karena peserta didik bisa mempelajari nya dengan cara memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H