Mohon tunggu...
Inayah maulidiya i.p
Inayah maulidiya i.p Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Science and sosial politik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bersama Warga Desa Mlandingan kulon, KKN UNEJ 200 Berhasil Dorong UMKM Lokal dengan Digitalisasi Pemasaran Produk Lewat Marketplace

15 Agustus 2024   02:15 Diperbarui: 15 Agustus 2024   02:24 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan potensi besar negara dalam menggerakkan perputaran ekonomi negara. pengembangan sangat dibutuhkan dalam mendukung berkembangnya UMKM yang menjadi penyumbang besar pendapatan negara. pendampingan dapat menjadi upaya besar dalam memfasilitasi pengembangan UMKM menjadi mandiri dan berdaya saing dalam memaksimalkan kontribusi penggerak ekonomi negara.

Mlandingan kulon merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan mlandingan kabupaten situbondo jawa timur. Desa mlandingan kulon memiliki potensi besar terkait sumber daya alam serta manusianya. kekayaan sumber daya alam yang melimpah dari hasil pertanian serta hasil kelautannya memberikan nilai strategis desa digdaya dalam harfiahnya.

mayoritas masyarakatnya bekerja menjadi nelayan, petani serta sebagian besar merupakan pelaku bisnis UMKM. pelaku bisnis UMKM memanfaatkan berbagai hasil laut maupun hasil pertanian untuk dikembangkan menjadi sebuah potensi produk bisnis yang menjanjikan. potensi bisnis UMKM merupakan salah satu sektor yang seharusnya menjadi pusat perhatian karena sangat berpotensi dalam memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan ekonomi.

(KKN 200 UNEJ)
(KKN 200 UNEJ)

KKN UNEJ 200 hadir dalam membantu pengembangan UMKM deea Mlandingan Kulon melalui digitalisasi pemasaran produk di marketplace. kegiatan dilakukan dengan melakukan pendampingan pada para pelaku umkm yang berpotensi dapat dikembangkan melalui implementasi pemasaran produk di marketplace. pendampingan terdiri dari memberikan pengetahuan seputar pemasaran produk di marketplace, baik pembuatan, pemostingan dan price harga produk, hingga ke teknik packaging. pelatihan desain personal branding produk juga tak luput dalam sasaran pendampingan yang dilaksanakan untuk mengembangkan UMKM dalam kontribusi yang maksimal serta nyata dalam penyokong perekonomian desa. pemasaran lewat marketplace menjadi terobosan baru yang disinyalir dapat memperluas wilayah pemasaran, sehingga efisien menjangkau konsumen di berbagai wilayah.

dokpri
dokpri

KKN UNEJ 200 tidak hanya membantu dalam hal pemasaran kolaborasi yang tercipta antara KKN UNEJ 200 dan pelaku umkm juga dapat memotivasi munculnya pelaku UMKM baru yang dapat menambah kontribusi peningkatan perekonomian desa. pelaku UMKM yang sudah ada sebelumnya dan baru merintis dapat berkembang dibuktikan dengan terbentuknya akun-akun marketplace yang dapat dikembangkan dalam pemasaran produk yang berdaya saing tinggi.

kontribusi nyata telah dituangkan oleh KKN 200 dalam upaya pengembangan digitalisasi sebagai wadah peningkatan kualitas UMKM dalam digdaya penggerak ekonomi desa. 

Dalam implementasi kegiatan yang dilaksanakan merupakan suatu kontribusi nyata dalam hal pengabdian masyarakat sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yang menjadi pilar utama karakter yang ditanamkan kepada mahasiswa. semangat daya juang dan inovatif yang dimiliki KKN UNEJ 200 dapat menjadi contoh inspiratif calon penerus bangsa dalam perputaran era dunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun