Mohon tunggu...
Inaya Devi
Inaya Devi Mohon Tunggu... -

saya lahir di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Mamaku Superwoman

16 Januari 2011   06:13 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:32 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada berapa banyak kata untuk mengungkapkan kalo kita sayang dengan orgtua kita? Banyak. Banyak sekali. Ga dapat terhitung. Terkadang, hal kecil seperti membantu mereka saat diperlukan adalah hal simpel yang mgkn dpt membuat mereka senang. Juga, saat kita mematuhi omongan2nya, mereka pun akan melihat kita sebagai anak yg menurut. Kadang pun kita ga sadar bahwa mereka (orgtua kita) pgn anak2nya jd org yg sukses. Nama baik akan membawa serta keluarga menjadi bangga.
Sedikit bercerita tentang kisah "si mama" dlm keluarga gue. Hahahaha. Mama bs dibilang wanita yg sangat amat berjasa bagi kehidupan gue dan pastinya buat semua manusia yg ada di bumi. Tanpanya, kita bukan apa2 dan ga akan ada di dunia ini. Mama adalah orang pertama yg patut kita patuhi dan didengar omongannya.

Nyokap gue adalah mama yang bs disebut seorang superwoman. Awalnya, wkt jaman SMP gue ditinggal bokap tugas ke Amrik. Gue cuma bertiga sm nyokap dan ade gue. Bokap pergi lumayan lama, kyknya sampe 2thnn gt. Wkt bokap tugas, pas banget bonyok gue berencana merenovasi rumah gue yg sdh terlihat sempit buat 2org anaknya, lagipula sampe SMP pun, gue masi tdr brg sm bonyok gue (haha, memalukan yah!). Yah abis mau gmn lagi, krn emg space nya udh ga memungkinkan, jd mereka udh niyat banget kalo 2 anaknya ini mesti punya kmr sendiri. Niat tersebut di jalankan dengan bokap gue yg pergi bertugas, krn emg pas banget yang ngebangun rumah gue udh ada wkt buat merenov. Utk bbrp wkt, selama rumah di renov, gue nyokap dan ade gue tinggal di sebrang rumah (yg cuma dipisahkan sm lapangan). Dirumah itu, kami menjalankan kehidupan seperti biasa. Suka duka pun terjadi. Hal yang pertama, pd suatu dini hari, tante gue telpon, di kstau kalo kakek gue meninggal. Rasanya entahlah kyk apa, nyokap teriak2 tak terkira (krn mlm itu gue cm berdua sm nyokap dirumah. Ade gue lg nginep dirumah kakek-nenek gue). Pg2 buta, gue dan nyokap dijemput sm sodara dan lsg dibw ke rumah duka. Pas nyampe rumah duka, nyokap lsg meluk kakek gue (yg biasa cucu2nya panggil 'engki') trus bilang kalo saat 'tertidur' beliau sangat ganteng dan mukanya dipenuhi oleh sinar2 yg kalo org liat tuh kyknya damai banget. Gue pas ngeliat, nangis sesegukan. Speechless. Karena, kepergiannya memang sangat mendadak dan tdk di sangka2. Bukan pula beliau meninggal di rumah, tapi pd saat perjalanan menuju Bogor (kampung halamannya), dan paginya, kakek gue smpt mampir ke kantor nyokap utk tanya kalo pakaian yg dipakai beliau itu pantes apa ngga. =(( . Sedih yang tak terkira.

Pd saat yg sama, itu adalah thn ajaran baru. Gue msk SMA dan ade gue msk SMP. Huuuuffffhhhh,, kebayangkah, dlm keadaan berduka, nyokap mesti byran sekolah gue dan ade gue, dan itu tanpa ditemani oleh bokap gue. Selang bbrp hr, gue dan ade gue dengan ditemani nyokap pergi ke sekolahan (yang kebetulan SMP dan SMA nya satu yayasan) dan itu kyk Pra MOS. Itu dr rumah nenek-kakek gue di tn.abang, gue, nyokap dan ade gue menempuh perjalanan yg lumayan melelahkan. Kami hanya bertiga mengarungi kehidupan. huhuhuhu.
Masa2 tersulit stlhnya pun mewarnai kehidupan kami. Ada lagi cerita yg menarik, Nyokap nyuci baju manual, trus dijemur ke jemuran kayu gt,, Kalo ga salah kami semua keluar rumah,, trus pulang2, pas liat ke belakang, wueeeew, kayu yg buat ngejemur ternyata jatuh dan baju2nya semua basah krn kena ujan gt. Huaaaaaaaaah, nyokap mesti nyuci ulang semuanya.

Puncaknya sih br2 ini. Nyokap org yg jarang sakit. Sekalinya sakit, itu cm sakit biasa, flu atau batuk dll yg ringan2 lah. Trus, pd suatu ketika, nyokap gue sakit. Yang ini terlihat ga biasa. Awalnya panas, trus berkepanjangan. Lemes gt badannya. Yah sampe bbrp hr nyokap gue pns-turun gt. Gue pikir biasa. Bokap jg ga nanggepin serius. Sampe bokap maksa nyokap buat cek ke dokter, awalnya nyokap nolak krn beliau ga mau menyusahkan. Ternyata, bokap berhasil bujuk nyokap. Subuh2, bokap gue bw dulu kerumah nenek gue. Trus tante gue nyaranin utk nyokap cek lab di RS Harapan Kita. Eh, pas pg2nya gue mau pergi, ternyata tante gue telpon kalo nyokap gue dirawat. Hueeeeeeeeeeeeehhhhh. Saat itu gue coba utk tenang krn bokap gue jg blg gt. Dan ada tante gue yg nemenin.
Stlh pergi, gue nengokin dan gue melihat nyokap gue tak berdaya gt. Ternyata beliau kena tipus. Lemeeeeeeessssssssssssss banget. Sediiiiiih gue liatnya. Nyokap yg gue liat kuat, ternyata saat fisiknya sdh tdk memungkinkan beliau akan terjatuh lemah. Huhuhuhuhuhu.
Saat itu, gue setia nemenin nyokap. Gue sampe tdr di RS buat nemenin beliau. Sampe masalah ke toilet pun, gue yg ngurusin. Itu gue melihat nyokap yg lg payah2nya sampe gue sendiri pun mau nangiiiiiissss yg kenceng, krn kdg jarum infus itu bikin tangan nyokap berdarah kalo airnya ga ngalir. Trus ditambah lagi, krn keseringan tdr bdn jd pegel2 dan kepala nyokap pusink setengah mati. Udh gt, smpt di vonis gejala DBD lg. Heuuuummmmhhhh... Bokap jg ngeneees banget liatnya. Gue jd makin pgn nangis.

Yah itu sih kira2 cerita ttg nyokap yg gue anggep emang sgt superwoman. Beliau tetep bertahan didalam kesusahan meski memang jalan yg dilalui itu sangat berat. Itu semua karena anak2nya, makanya nyokap bertahan. Sampe sekarang, yg gue salutin. Nyokap kerja masi harus berangkat pagi2 sekali buat ngejar bus jemputan kantor dan itu dr dulu sampe sekarang. Juga, masi sempat melakukan hal2 rumah tangga kyk nyuci baju dan nyetrika stlh nyokap sampe rumah dr kantor.
Kalo dipikir2, gue ga akan sanggup kyk gt kalo nanti gue jd ibu.
And so "Mamaku Superwoman"...

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun