Mohon tunggu...
Immanuel Yosua Tjiptosoewarno
Immanuel Yosua Tjiptosoewarno Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar, Konsultan, Aktivis Sosial Kemasyarakatan

Saya adalah salah satu pengajar di lembaga pendidikan formal dengan fokus komunikasi dan pendidikan. Dalam keseharian kekaryaan di bidang konsultan media dan komunikasi. Dalam kegiatan pemberdayaan saya merupakan salah satu aktivis sosial yang memiliki konsentrasi pada media khususnya penyiaran, pelayanan publik, keterbukaan informasi publik dan diseminasi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Natal dan Spirit Kemanusiaan Riyanto

24 Desember 2024   12:16 Diperbarui: 24 Desember 2024   12:39 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu peringatan gugurnya Riyanto (sumber foto. duta.co)

Di tengah rangkaian perayanan natal, hari ini 24 tahun yang lalu sebagian kita tidak akan pernah lupa peristiwa kematian Riyanto. Ia adalah salah satu anggota Bantuan Ansor Serbaguna (Banser)  yang ditugaskan untuk menjaga keamanan jemaat Gereja Sidang Jemaat Pantekosta (GSJP) Eben Haezer Mojokerto.

Peristiwa yang divisualisasikan dalam film Tanda Tanya (2011) karya Hanung Bramantyo ini, Rianto yang masih berusia 25 tahun dengan penuh keberanian memeluk bom yang diletakkan di dalam gereja dan membawanya ke selokan  yang jauh dari kerumunan. Tak begitu lama, suara ledakan keraspun terdengar dan Riyantopun terpental beberapa puluh meter.

Tak pelak lagi, peristiwa yang merupakan rangkaian dari bom Bali ini membawa duga yang mendalam bagi Sukarmin dan Katiyem serta kedua adik Riyanto. Mereka kehilangan putra sulung dan kakak yang menjadi harapan dan tumpuan keluarga. Duka ini terasa hingga saat ini, Katiyem bunda Riyanto enggan mengingat peristiwa itu dan menolak untuk mengurai Kembali peristiwa itu.

Dibalik pengorbanan pejuang toleransi dan kemanusiaan sederhana ini terdapat pelajaran berharga bagi seluruh elemen bangsa. Salah satunya adalah pentingnya cinta kasih tanpa memandang perbedaan latar belakang. Di tengah kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi yang berpangkal pada disrupsi di segala bidang cinta kasih menjadi bagian terpenting agar terhindar dari adu domba sesama anak bangsa.

Pemuka agama memiliki peran yang cukup signifikan dalam mengembangkan sikap ini. Apa yang dilakukan Riyanto tak lepas dari pembelajaran agama yang ia terima terutama dalam memandang perbedaan agama. Semangat toleransi yang dipupuk dan dikembangkan oleh Nadlatul Ulama (NU)  sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia terpatri dengan baik. Dalam gerak Langkah hal ini diimplementasikan oleh badan otonom (Banom) NU seperti Muslimat, Fatayat, GP Ansor, IPNU, IPPNU, PMII dan yang lainnya.

Spirit kebangsaan dan kemanusiaan yang diikrarkan oleh Hadratussyaikh K.H. Hasyim Asya’ri ketika mendirikan Nadhlatul Ulama 31 Januari 1926 M (16 Rajab 1344 H). Gaya hidup Hubbul Wathan Minal Iman (Cinta kepada tanah air sebagian dari iman) membuat setiap insan Nadlatul Ulama memiliki semangat persaudaraan sesama anak bangsa (Ukhuwah Wathaniah). Dalam pengembangannya semangat itu berkembang dengan persaudaraan sesama  manusia (Ukhuwah Basyariyah).

Dalam perspektif Kristiani, spirit ini selaras dengan   salah satu hukum kasih yang terdapat dalam Matius 22:39, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Pernyataan ini menunjukkan bahwa dalam Kekristenan menempatkan kasih kepada sesama manusia tanpa memandang latar belakang.

Secara figuratif hal ini dilukiskan dalam kisah orang Samaria yang baik hati (Lukas 10:25-37). Dalam peristiwa ini Yesus memberikan perumpaman tentang pertolongan yang diberikan oleh orang Samaria yang dianggap kelompok marginal kepada korban perampokan. Berbeda dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat yang tidak mau menolong, orang Samaria yang dianggap warga kelas dua.

Dalam pelayanan Yesus selama tiga setengah tahun, pelayanan sosial menjadi salah satu orientasi yang dimiliki. Pada awal masa pelayanannya, Yesus melakukan mujizat air menjadi anggur dalam sebuah pesta pernikahan. Demikian juga dengan mujizat kesembuhan yang dilaksanakan. Yesus tidak memandang latar belakang seseorang dalam menolong.

Dari Riyanto kita belajar bahwa cinta kasih antar anak bangsa dan manusia harus menjadi dasar interaksi yang dibangun antar umat beragama. Tanpa adanya sikap ini, hubungan antar manusia termasuk kerukunan antar umat beragama hanyalah formalitas.

Cinta kasih yang tulus  idealnya menjadi dasar dari semua gerakan kerukunan umat beragama dan moderasi beragama. Kedua gerakan ini hendaknya bukan sekedar formalitas dan hanya berkutat di tataran elit pemuka agama maupun pemerintah, namun mengakar dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh umat beragama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun