Mohon tunggu...
Imroatul fadhilah
Imroatul fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hidup itu seperti air yang selalu mengalir

Mahasiswa unri sosiologi angkatan 21

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

"Apa Itu Pondok Pesantren? Bagaimana Sih Kehidupan Di Pondok Pesantren Itu? Dan Apa Saja SihKegiatan-Kegiatannya?"

6 Maret 2022   01:20 Diperbarui: 6 Maret 2022   01:40 3342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

         Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Halo sahabat kompasianer sekalian, bagaimana kabarnya semoga selalu diberikan kesehatan yang melimpah ya oleh Allah SWT dalam musim pandemi ini. Pada peristiwa covid-19 ini banyak sekali tempat-tempat untuk menuntut ilmu diliburkan. Termasuk tempat menuntut ilmu saya dulu yaitu pondok pesantren.

         Pasti kompasianer sekalian juga sudah pernahkan mendengar istilah "pondok pesantren" jika kalian beragama islam pasti sudah pernah mendenganrnya kan tapi jika kalian yang beragama selain muslim seperti kristen, hindu, buddha, tionghoa dan masih banyak lagi pasti ada yang belum.

         Nah, karena kompasianer ini bukan hanya yang beragama islam saja bagaimana kalau saya perkenalkan dulu "Apa sih pondok pesantren itu?". Nah di sini itu kompasianer sekalaian menurut saya, pondok pesantren itu adalah tempat dimana kita tinggal bersama teman-teman yang baru, bersama ustadz dan ustadzah(sebutan guru laki-laki dan guru perempuan di pondok pesantren) yang baru serta tempat kita menuntut ilmu agama.

         Pondok pesantren itu juga adalah tempat dimana kita memperdalam ilmu atau pendidikan islam yang akan kita selalu amalkan dikehidupan kita sehari-hari dan selalu mementingkan moral dalam kehidupan bermasyarakat dilingkungan sekitar kita.

         Kalau menurut wikipedia.org pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.

         Nah, karena saya sendiri sudah pernah mengalaminya, saya disini ingin sekali membagikan pengalaman saya kepada kompasianer sekalian nih tentang " Apa itu pondok pesantren? serta bagaimana kehidupan santriwan dan santriwati semasa mondok di pesantren? dan apa saja sih kegiatan-kegiatannya santriwan dan santriwati?."

         Karena sebelumnya tadi sudah saya jelaskan tentang " apa itu pondok pesantren?" maka disini saya akan membagi pengalaman saya semasa mondok dipondok pesantren. Jika ditanya " bagaimana kehidupan dipondok pesantren itu?" ya menurut saya, kehidupan dipondok pesantren itu cukup menyenangkan walaupun pasti ada yang tidak menyenangkan juga terutama itu pada aturan nya yang ketat.

         Tetapi itu sudah menjadi kewajiban bagi kita jika kita memang  ingin menuntut ilmu di pondok pesantren. karena setiap pondok pesantren itu pasti menerapkan aturan-aturan yang harus dijalankan mau dimana pun itu. Jadi, jika saya uraikan pengalaman saya selama 3 tahun dipondok pesantren itu pasti banyak sekali lika-liku saya selama dipondok pesantren itu.

         Terutama pada saat saya dihukum oleh senior karena melanggar peraturan senior yang dibuat disetiap asramanya. Tetapi terlepas dari peristiwa yang tidak meyenangkan itu, menurut saya kehidupan dipondok pesantren itu sangat menyenangkan terutama pada teman.

         Misalkannya saja jika kita dihukum bersama-sama teman itu lebih menyenangkan dibanding dihukum sendirian. Jadi memang didunia ini kita tidak bisa hidup tanpa campur tangan dari orang lain. baik itu orang yang menjahati kita atau pun tidak.

         Balik lagi tentang bagaimana kehidupan di pondok pesantren itu, sebenarnya jika kita menjalankan nya dengan hati yang ikhlas itu akan lebih mudah dibanding dengan hati yang terpaksa masuk ke pondok pesantren. Jadi inti nya itu kita harus menjalani sesuatu itu dengan hati dan kemauan yang ikhlas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun