Mohon tunggu...
imroatul hamidah
imroatul hamidah Mohon Tunggu... Desainer - saat ini saya bekerja sebagai freelancer

saya adalah seorang freelancer yang sangat menyukai membaca. saya menyukai ide-ide dan hal baru untuk dipelajari.

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Bakso Malang, si Favorit yang Tak Pernah Bikin Bosan

24 April 2023   06:02 Diperbarui: 24 April 2023   06:13 2138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Bakso Malang (sumber gambar : pinterest.com/GenkPoker Online)

"Bakso bulat seperti bola pingpong, kalau kewat membikin perut kosong"

Setiap mendenganr kata bakso, saya selalu teringat lagu anak-anak yang satu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Melisa Trisnadi ini membuat saya terbayang akan rasa gurihnya bakso.

Siapa sih yang tidak suka bakso?

Saya yakin semua orang pasti menyukai bakso, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa semua suka bakso. Rasanya yang gurih dan lezat, akan memanjakan lidah penikmatnya. Bakso adalah makanan yang cocok dinikmati kapanpun, terutama saat cuaca hujan. Salah satu jenis bakso favorit saya adalah Bakso Malang.

Bakso Malang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bakso ini berasal dari Kota Malang, Jawa Timur, dan memiliki rasa yang khas serta tekstur yang kenyal dan lembut. Bakso Malang terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan bahan rempah-rempah, tepung sagu, dan es batu.

Ciri khas

Salah satu ciri khas dari Bakso Malang adalah ukuran bola baksonya yang besar dan isiannya yang melimpah. Bakso Malang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kaya akan rasa dan aroma. Selain itu, bakso Malang biasanya didampingi dengan saus tomat, sambal, dan kecap manis untuk menambah cita rasa. Ditambah sayuran segar seperti kol, sawi, atau kecambah akan membuat Bakso Malang terasa lebih nikmat dan segar.

Seiring berjalannya waktu, Bakso Malang memiliki banyak varian. Ada bakso urat, bakso halus, bakso telur, bakso goreng, hingga bakso berukuran jumbo. Bakso Malang biasanya disajikan dengan tambahan mie, tahu, pangsit rebus, atau pangsit goreng sebagai pelengkapnya. Hal ini membuat Bakso Malang bisa dinikmati dengan berbagai macam variasi dan tak pernah membuat penikmatnya bosan, termasuk saya.

Sejak kecil saya sering makan bakso, siang hari atau malam hari tak jadi masalah untuk makan bakso. Saat bepergian pun, makanan yang sering dicari adalah bakso. Apalagi saat saya sedang tidak enak badan, biasanya tidak nafsu makan. Bakso menjadi solusi yang membuat nafsu makan saya kembali.

Saat sakit biasanya saya mengonsumsi bakso hangat dengan kuah bening, ditambah pangsit rebus. Seketika badan terasa segar kembali, dan terasa lebih sehat. Meracik bakso dengan aneka isian, ditambah beberapa sendok sambal, membuat kepala yang awalnya pusing menjadi sembuh dan badan terasa segar kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun