Menulis Artikel memang mudah terutama menulis di Blog keroyokan seperti dikompasiana ini, begitupun menyusun tulisan yang akan dijadikan buku sebenarnya juga mudah asal tahu caranya, biasanya kita sedikit pusing dengan apa yang harus ditulis, kita juga dihadapkan dengan persoalan tata cara penulisan buku itu sendiri.
Beberapa minggu yang lalu penulis dapat undangan oleh salah satu lembaga yang bergerak di dunia pendidikan untuk mengisi Lokakarya (workshop) cara Membuat dan Menyusun Buku TIK dengan mudah menggunakan LibreOffice Writer
Dalam acara tersebut membahas tentang aturan penulisan buku dan cara penulisannya dengan LibreOffice 3.x.x.xWriter. Materi yang penulis sampaikan dapat dilakukan secara bbertahap selangkah demi selangkah, sehingga peserta yang sekalipun belum pernah menggunakan LibreOffice Writer pun dapat mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mengoptimalkan LibreOffice 3.x.x.x Writer dalam menulis dan membuat buku.
Dengan mengikuti Salindia (slide) tersebut peserta dapat membuat Template sendiri yang nantinya dapat digunakan dalam penulisan buku berikutnya
Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan secara manual dalam membuat template:
-
Pembuatan Halaman Sampul, Kata Pengantar , Daftar Isi
-
Pembuatan Halaman Bab
-
Pembuatan Daftar Pustaka, Tentang Penulis , Catatan
-
Penomoran Gambar, Tabel
Beberapa orang dalam menulis buku biasanya membuat tulisan secara terpisah atau per bab. Artinya, jika ada 5 bab maka dibutuhkan 5 dokumen selain dokumen bagian awal ( kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan lain sebagainya).