Proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus selalu diperbaiki agar hasil yang ingin dicapai menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Upaya yang bisa lakukan dalam meningkatkan proses hasil belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian. Dalam proses penilaian hasil belajar siswa di sekolah terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti pemilihan alat penilaian, penyusunan soal, pengolah dan interpretasi data hasil penilaian, analisis butir soal bertujuan untuk memperoleh kualitas soal yang memadai, serta pemanfaatan data hasil penilaian sangat berpengaruh dalam kualitas lulusan. Oleh sebab itu dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) diperlukan adanya evaluasi.
Strategi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran atau tujuan khusus. Adapun secara umum strategi memiliki pengertian sebagai suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Jika dihubungkan dengan belajar mengajar strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan antara guru dengan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam hal ini  evaluasi termasuk salah satu bagian dari proses pembelajaran yang memiliki tujuan sebagai alat ukur dari keberhasilan proses pembelajaran. Mehrens dan Lahman dalam buku Purwanto menyebutkan bahwa evaluasi merupakan suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif alternatif suatu keputusan.Â
Salah satu strategi evaluasi yang diadakan dalam lembaga pendidikan atau sekolah adalah tes. Evaluasi pendidikan melibatkan banyak kegiatan teknis dalam menentukan metode dan format penilaian yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Dimana informasi tersebut digunakan dalam menafsirkan dan menetapkan keputusan untuk kepentingan pendidikan.Â
Evaluasi dapat dilakukan dengan tepat dengan hasil yang diharapkan, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan;
1. Menyusun rencana evaluasi hasil belajar
2. Menghimpun data
3. Melakukan verifikasi data
4. Mengolah dan menganalisis data
5. Memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan
6. Tindak lanjut hasil evaluasi