Pesantren telah menjadi salah satu pilar pendidikan agama di Indonesia, pesantren memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan moralitas generasi muda.Â
Namun, di era globalisasi dan modernisasi yang sangat cepat, diperlukan upaya untuk menyelaraskan pendidikan Islam dengan kebutuhan zaman dan memastikan bahwa pesantren tidak hanya memberikan ilmu agama tetapi juga mempersiapkan santri untuk berperan aktif dalam masyarakat modern.Â
Menyelaraskan pendidikan Islam dalam konteks pesantren berarti memadukan nilai-nilai keagamaan dengan kemampuan akademis dan keterampilan guna menciptakan generasiyang berakhlak mulia, cerdas, dan mampu beradaptasi terhadap perubahan.
Nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal
Pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, namun juga tempat untuk mengamalkan ajaran islam. Metode pembelajaran yang tradidisional dengan mengkaji kitab-kitab kuning dan diskusi yang berbasis dialog telah melahirkan banyak generasi ulama.Â
Dalam hal ini, pesantren myimpan kearifan lokal yang harus dipertahankan, terutama dalam menjaga akhlak, moral, dan etika sosial masyarakat. Namun, menjaga nilai-nilai tradisional bukan berarti menolak perubahan, melainkan harus ada sinergi antara tradisi dan modernitas.
Menghadapi tantangan modernisasiÂ
Dengan hadirnya teknologi informasi dan perkembangan pendidikan islam, membawa tantangan yang signifikan bagi pesantren.Â
Dengan adanya institut pendidikan islam modern, seperti universitas islam yang berusaha mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan pendidikan agama, sehingga banyak santri yang tertarik pada pendidikan formal yang menawarkan kurikulum lebih luas dan peluang kerja yang lebih baik.
 Oleh karena itu, pesantren perlu beradaptasi dengan perubahan zaman, seperti memasukkan kurikulum yang lebih luas, termasuk teknologi tanpa mengabaikan ilmu agama.
Pendekatan Holistik Antara Pendidikan Pesantren Dengan Pendidikan FormalÂ