Mohon tunggu...
Imayatus Saadah
Imayatus Saadah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Potongan Harga dan Tagline "Gratis Ongkir" terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee

26 Juni 2022   18:55 Diperbarui: 26 Juni 2022   19:18 1429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://www.wisklik.com

Perkembangan e-commerce yang begitu pesat belakangan ini berkaitan dengan adanya pandemi yang membatasi pergerakan masyarakat sehingga mengurangi interaksi langsung antara pelaku usaha dengan konsumen. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang dapat memenuhi hampir seluruh kebutuhan masyarakat. 

Shopee menawarkan berbagai macam kebutuhan masyarakat seperti perlengkapan rumah, minuman dan makanan, perlengkapan elektronik, serta kebutuhan yang lainnya dengan cara menjual produk secara online. 

Hal ini tentunya mempermudah konsumen karena konsumen tidak perlu mengorbankan waktu dan tenaga untuk berbelanja secara offline. Menurut hasil survey IPrice, kunjungan situs shopee pada kuartal III naik sebesar 5,8% dari kuartal II 2021 yaitu 127.000.000 kunjungan.

Terdapat berbagai macam strategi pemasaran yang dilakukan pihak shopee untuk mempromosikan produk-produknya contohnya seperti potongan harga dan tagline "gratis ongkir". Strategi pemasaran seperti ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja seperti pada tanggal 1 bulan 1, tanggal 3 bulan 3 dan lain sebagainya. Waktu yang terbatas membuat konsumen merasa bahwa tawaran tersebut tidak datang di lain waktu sehingga terjadilah pembelian.

Potongan harga yang diberikan dan ditawarkan oleh produsen kepada konsumen harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu, contohnya seperti pembayaran tagihan lebih awal atau melakukan pembelanjaan melebihi nominal tertentu. Potongan harga tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi pelaku usaha kepada konsumen atas loyalitasnya terhadap produk yang diperjualbelikan. 


Sedangkan Tagline gratis ongkir akan mempengaruhi pembelian impulsif terutama untuk konsumen yang berada jauh dengan pusat kota karena biaya pengiriman sebelum promo yang cukup mahal.

Strategi ini menguntungkan kedua belah pihak baik konsumen maupun penjual. Perbedaan harga yang cukup signifikan karena adanya potongan harga akan membuat masyarakat cenderung untuk melakukan pembelian secepat-cepatnya dan hal tersebut akan berdampak pada penjualan yang menukik tajam. 

Selain itu, tagline "Gratis Ongkir" juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan Shopee. Tagline "Gratis Ongkir" dapat memengaruhi minat dan ketertarikan konsumen untuk berbelanja di shopee sehingga penjualan akan meningkat.

Kesimpulan yang dapat diambil dari pemaparan diatas yaitu potongan harga dan Tagline "Gratis Ongkir" dapat mempengaruhi pembelian impulsif pada aplikasi shopee. 

Dengan demikian, pihak shopee dapat memunculkan program-program lain dan penawaran baru yang saling menguntungkan kedua belah pihak dan dapat menarik minat konsumen serta dapat mendorong keputusan pembelian konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun