Mohon tunggu...
imas masitoh
imas masitoh Mohon Tunggu... Wiraswasta - Full time mom

Bandung

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Hal Penting Sebelum Memilih Dokter Anak

18 Desember 2018   00:03 Diperbarui: 22 Desember 2019   11:47 917
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Martin Brosy on Unsplash

Sebagai orang tua, pasti akan merasa khawatir jika anak sakit. Segalanya dilakukan, dari mulai home treatment sampai berkonsultasi ke dokter spesialis anak. Sebagian besar dari new mom, menentukan dokter spesialis anak tidaklah mudah, sama halnya seperti saya. Dari pertama kali berkonsultasi ke dokter, saya beberapa kali ganti hingga bertemu dengan dokter spesialis anak yang cocok dengan saya.

Kenapa harus benar-benar cocok?

Karena menurut saya, bertemu dengan dokter yang cocok itu akan membuat saya merasa nyaman saat berkonsultasi. Selain itu akan meminimalisir rasa khawatir jika si anak sakit setelah saya berkonsultasi ke dokter. Sehingga jika anak sakit, saya jadi anti panik.

Mungkin beberapa dari moms harus beberapa kali dulu berkonsultasi ke dokter yang berbeda-beda untuk bertemu dengan dokter yang benar-benar cocok. Namun tidak menutup kemungkinan juga bertemu langsung dengan dokter yang langsung "klik" di hati.

Sebelum bertemu dengan doktek yang akhirnya "klik" di hati, saya rajin bertanya ke kakak dan  teman-teman yang sudah mempunyai anak dan bahkan saya share pertanyaan juga di media social, hehe. Selain bertanya tentang dokter, bisa sambil bertanya tentang harga konsultasinya. Harap maklum, sebagai new moms, sesuatu yang berhubungan dengan keuangan selalu menjadi perhatian juga, hehehe.

Untuk para moms to be yang berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan di rumah sakit atau yang akan melahirkan di rumah sakit, jangan lupa bertanya ke dokter atau suster, siapa dokter spesialis anak favorite di rumah sakit tersebut untuk mendapatkan rekomendasi.

Setelah bertemu dengan beberapa dokter, ada beberapa pertimbangan hingga sampai saya bertemu dengan yang cocok. Pertimbangannya apa aja sih?

1. Pro ASI (Air Susu Ibu)

Kenapa sih harus pro ASI? Karena bagi saya pribadi, ASI adalah yang terbaik untuk diberikan dan bertekad memberikannya sampai anak berusia dua tahun. Kenapa yang terbaik? Karena kandungan dalam ASI merupakan kebutuhan gizi  utama untuk bayi. Karena itu, saya ingin bertemu dengan dokter yang mengerti dan memahami pilihan saya tentang hal ini.

2. Pro RUM (Ratioal Use of Medicine)

Yap, saya cukup keras kepala soal hal ini dan juga mohon dibedakan yah moms, saya bukan anti obat. Namun, sebagai tanggung jawab kepada diri sendiri untuk menggunakan obat-obatan sesuai dengan kondisi, disaat yang tepat dan penggunaanny secara benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun