A. PERAN SOSAIL GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Guru, kadang-kadang disebut  sebagai pendidik profesional, mempunyai tanggung jawab utama untuk mengajar, mengajar, membimbing, melatih, membimbing, dan mengevaluasi siswa.  Menurut Ustaman, pengertian guru adalah suatu pekerjaan atau profesi tertentu yang memerlukan keterampilan khusus dari seorang guru. Dalam hal ini, tidak seorang pun yang memiliki keahlian yang cukup untuk melaksanakan  proyek atau bertindak sebagai supervisor akan dapat melaksanakan pekerjaan tersebut.  Bukti lain juga mendukung anggapan bahwa  guru merupakan sosok penting dalam proses pengembangan generasi pemimpin  masa depan bangsa. Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa  guru  dapat meningkatkan potensi siswanya melalui bimbingan dan latihan. Dalam konteks ini, guru khususnya guru PAI yang diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya memerlukan suatu alat.
 Kemampuan ini berkaitan dengan dua hal: profesionalisme (berkaitan dengan profesi  guru) dan kepribadian (berkaitan dengan kepribadian guru, yaitu kemampuan pribadi dan sosial), atau disebut juga kemampuan pedagogik dan profesional.
B. PERAN PENDIDIK TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN
Islam Pendidikan Lembaga adalah suatu wadah atau organisasi dengan kegiatan sehari-hari tertentu .sehari-hari . Sebaliknya, Asosiasi Pendidikan Islam adalah organisasi yang berdedikasi pada pengajaran agama dan pembinaan ketaatan beragama .yang dikhususkan untuk mengajarkan agama dan membina ketaatan beragama . Lembaga pendidikan Islam itu terbadi menjadi tiga, yaitu lembaga pendidikan keluarga, lembaga pendidikan sekolah atau madrasah dan lembaga pendidikan masyarakat. Ada macam-macam lembaga pendidikan Islam itu terbadi.Â
1. Yang informal pendidikan Islam Pendidikan Agama Islamuntuk keluarga kelompok untuk keluarga
Apa yang dimaksud dengan keluarga dengan lembaga pendidikan Islam yang pertama ?lembaga pendidikan Islam pertama ? alasan alasan mengapaseorang anak, ketika sudah besar , seorang anak,dengan keluarga dan teman temannya untuk pertama kalinya .ketika mereka sudah dewasa, berinteraksi dengan keluarga dan teman -temannya untuk pertama kalinya . Ayah ayahsebagai diddik dan ibu sebagai diddik . sebagai diddik dan ibu sebagai diddik . milik keluargaPeran keluarga dalam pendidikan Islam tidak terbatas pada memberi makan dan merawat anak peran dalam orang dewasa juga mempunyai tanggung jawab untuk mendidik , memberikan ilmu, mengembangkan budi pekerti, membangkitkan semangat anak, dan mendidik mereka tentang akidah , akhlak, dan penghidupan yang beraneka ragam . Pendidikan Islam tidak terbatas pada memberi makan dan mengasuh anak orang dewasa juga mempunyai tanggung jawab untuk mendidik  memberikan ilmu, mengembangkan budi pekerti, membangkitkan semangat anak, dan mendidik mereka tentang akidah , akhlak, dan penghidupan yang beraneka ragam . Karena kepola asuh pola asuh yang baik , anakmaka anak yang bersangkutan akan tumbuh menjadi orang tua yang baik . Sebaliknya, jika keluarga anak tidak memiliki pola asuh yang baik , maka anak yang bersangkutan juga dapat dikatakan memiliki keterampilan mengasuh anak yang buruk . Mengapa?yang bersangkutan akan tumbuh menjadi orang tua yang baik . Sebaliknya jika keluarga anak tidak bercirikan mengasuh anak , anak yang dimaksud juga dapat digambarkan memiliki keterampilan mengasuh anak yang buruk . Mengapa? Karena lingkungan sosial ini lingkungan sosialsangat penting bagi anak-anak, maka hal ini juga memotivasi individu untuk melakukannyasangat penting bagi anak - anak, hal ini juga memotivasi individu untuk melakukannya. pelajaran keduaLembaga pendidikan institusitersebut adalah sekolah atau madrasah.adalah sekolah atau madrasah.  Sekolah merupakan tempat tempat dimanasiswa dan guru melaksanakan pembelajaran yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang semangat siswa selama pembelajaran . murid dan guru melaksanakan pembelajaran yang ditingkatkan dengan berbagai fasilitas yang menunjang semangat siswa selama pembelajaran . Di sini guru guruadalah didik dan murid adalah pendidik adalah mendidik dan murid adalah pendidik  Peran guru sebagai guru di sekolah sama dengan peran siswa pada umumnya . guru di sekolah sama dengan siswa pada umumnya .  Tujuan tujuanpendidikan di sini pendidikan di sini memiliki kemauan kemauan yang kuatyang untuk berhasiluntuk berhasil dalam didik diri, pengembangan karakter , dan memaksimalkan potensi yang terdapat dalam kehidupan setiap peserta didik .dalam didik diri, pengembangan karakter , dan memaksimalkan potensi yang terdapat dalam kehidupan setiap peserta didik sendiri . Ajarkanlah sebanyak - sama seperti kamu, sediakan lingkungan yang mendukung agar santri agama dapat memahami dan mengambil manfaat darinya . bisa, memberikan lingkungan yang mendukung sehingga para pelajar agama dapat memahami dan mengambil manfaat darinya,
C. PERAN GURU SEBAGAI MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai pengalaman yang sama, dan mempunyai tujuan yang kurang lebih sama. Dalam hal ini peran pendidik di masyarakat  tidak jauh berbeda dengan peran pendidikan di sekolah dan di rumah. Pendidik Selain berperan menyebarkan ilmu dan mengamalkannya, peran pendidik dalam masyarakat adalah menjadi teladan. Selanjutnya, pendidik berperan sebagai penggerak seluruh aktivitas di masyarakat. Contoh kegiatan membaca: Ini adalah guru yang dianggap berbeda dari orang lain karena keren. Pendidik perlu memahami apa yang ada  di luar sekolah dan apa yang ada di dalamnya. Masyarakat adalah sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai pengalaman yang sama, dan mempunyai tujuan yang kurang lebih sama. Dalam masyarakat, guru adalah  pemimpin yang menjadi teladan bagi masyarakat.
 Sebab, menurut masyarakat, guru  berbeda dengan guru lainnya karena mereka terpelajar dan mempunyai  ilmu pengetahuan yang luas. Guru tentunya berperan aktif baik di sekolah maupun  masyarakat.
 Peran guru dalam masyarakat antara lain: Guru berfungsi sebagai guru  bagi orang yang sudah tidak bersekolah lagi, seperti orang dewasa dan orang lanjut usia yang tidak bisa membaca atau menulis. Masyarakat selalu mengharapkan  guru untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat. Kedudukan guru tidak terbatas pada sekolah saja, tetapi sangat luas baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat, dan guru memegang peranan yang sangat  penting. Oleh karena itu, guru memerlukan kemampuan sebagai berikut: Memiliki komunikasi yang baik dengan masyarakat, kemampuan membina hubungan yang baik, etika yang baik, dan kemampuan melayani masyarakat serta memajukan dan meningkatkan kualitas kreativitas masyarakat.Â
D. PERAN GURUÂ
Guru dianggap sebagai  pendidik  profesional karena tanggung jawab utamanya adalah mendidik, mengajar, membina, membina, melatih, dan mengevaluasi siswa.
 Untuk menjadi guru yang profesional diperlukan beberapa kompetensi seperti:
 1. Kompetensi Pendidikan
 2. Kompetensi Pribadi
3. Â Kompetensi Sosial
 4. Kompetensi Profesional
Oleh karena itu, peran seorang guru sebenarnya sangat komprehensif. Peran guru di sekolah, komunitas, lembaga, dan bidang masyarakat lainnya  sama secara mendasar dan penting, yang membedakan hanyalah tata cara pengelolaannya yang sangat berbeda.
Sebagai guru profesional, Anda memiliki beberapa peran:
 1. Guru sebagai pendidik
 2. Guru sebagai pelatih
 3. Guru sebagai pemimpin
4. Â Guru sebagai pemimpin
 5. Guru sebagai Pengelola Pembelajaran
 6. Guru sebagai Teladan
 7. Guru sebagai Inovator
 8. Guru sebagai Evaluator
 9. Guru sebagai Pembebas