Dijaman sekarang ini, kita sudah tidak asing dengan aplikasi pengolah data Microsoft Excel. Ya, Ms. Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang populer dan mudah untuk digunakan. Namun, walaupun sudah familiar, terkadang kita juga mengalami beberapa kendala salah satunya adalah dalam penggunaan rumus.
Kali ini kita akan belajar menggunakan rumus RANK. Apa fungsi dari rumusa ini ?
Rank adalah rumus yang digunakan untuk menentukan urutan ranking dari banyaknya data yang ada. Contoh sederhananya adalah dalam menentukan peringkat di kelas dengan nilai yang sudah ada. Walaupun kita juga bisa mengurutkan dengan cara manual, tetapi cara tersebut akan sangat merepotkan jika data yang harus kita urutkan jumlahnya ribuan. Sintak penulisan dari rumus rank adalah =rank(number;order).
untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan melalui contoh di bawah ini :
1. Tentukan data yang akan digunakan
2. Pada kolom ranking, ketikan =rank kemudian ikuti sintak penulisannya
3. Pilih kolom data yang akan ditentukan rankingnya dengan cara mengklik kolom yang kita inginkan untuk mengisi di bagian number
4. Tentukan banyaknya data untuk mengisi bagian order, setelah kita pilih kemudian kita beri tanda $ pada bagian data tersebut
5. Setelah itu copy rumus yang sudah jadi dengan mendarg pojok kanan bawah dan tarik ke bawah sampai batas data yang diinginkan
untuk lebih jelasnya dapat disaksikan di sini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H