Mohon tunggu...
Imam Musthafa Diastama
Imam Musthafa Diastama Mohon Tunggu... Editor - Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ngueriii! Guru Gen-Z Menyelesaikan PLP UNNES Lantip 4 di SMK N 3 Salatiga padahal Dulunya Anak SMA

31 Oktober 2024   23:10 Diperbarui: 31 Oktober 2024   23:15 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru merupakan seseorang yang mengajar dan mendidik siswa untuk menjadi lebih baik kedepannya di sekolah. Guru juga menjadi profesi yang mulia dikarenakan tanpa guru pondasi negara akan roboh, anak-anak akan kurang paham tanpa arahan yang jelas dari seseorang yang lebih pintar maupun hebat di bidangnya, dan menjadi kenangan tersendiri bagi setiap siswa yang ada. 

Berbagai hal juga menjadi faktor pendukung yang penting, salah satunya modul ajar yang tepat. Dengan modul ajar yang tepat sasaran, bahkan untuk anak SMK sekalipun, akan menjadi hal yang mudah dalam mengajar materi yaitu bahasa Inggris. Yang mana pelajaran tersebut merupakan salah satu pelajaran paling membosankan bagi sebagian anak. 

Modul ajar dengan materi Asking and Giving Opinion untuk kelas X, maka haruslah memiliki faktor pendukung seperti media, pembelajaran, bahkan guru yang asik dalam mengajar juga merupakan nilai plus bagi pengajar. Metode yang digunakan yaitu Genre - Based Approach.  Dengan learning outcomes yaitu By the end of phase E, learners use spoken, written and visual texts in English to communicate according to the situation, purpose and audience. Various text types such as narration, description, procedure, exposition, recount, report and original texts are the main references in learning English in this phase. Learners use English to express their wishes/feelings and discuss topics that are close to their daily lives or hot issues according to the age of the learners in this phase. They read written texts to learn something/get information. Implicit inference skills, when understanding information, in English begin to develop. Learners produce a greater variety of written and visual texts, with awareness of purpose and target audience.

Modul ini memiliki 4 learning objectives yaitu 

  • Learners are able to list the main content of asking and giving materials correctly.
  • Learners are able to identify concepts, elements, expressions, and differences between types, including examples correctly.
  • Learners are able to analyze and solve the questions with 80% correct accuracy.
  • Learners are able to design the dialogue and present it in front of class.

Dilanjut dengan assessment menggunakan multiple choices dan fill in blank. Di akhir ditambahkan dengan reflective. Reflektif yang digunakan untuk menilai diri sendiri, teman sebangku, dan guru dalam performanya mengajar di kelas. Dengan begitu, guru akan memiliki pandangan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun